Wow! Ikan Ini Ajib Saat Dibakar Malam Tahun Baru 2020

sumber gambar : google
Ikan Laut Kerapu



IDEANEWS.CO -Pesta akhir tahun untuk menyambut tahun baru 2020 biasanya dirayakan dengan pesta ikan bakar. Mulai dari ikan kuwe hingga kerapu, jenis ikan ini cocok untuk dibakar.
Untuk ikan, jenis ikan yang dapat dipakai diantaranya ikan kuwe, ikan ayam-ayam, ikan kakap, ikan baronang, hingga kerapu. Anda juga harus memperhatikan cara memilih ikan yang segar agar nikmat saat dinikmati.

1. Ikan Kuwe
 
Ikan Kuwe
Ikan kuwe gerong atau biasa dikenal sebagai belitong ini jenis ikan yang mudah ditemukan di pasaran. Ikan ini memiliki bentuk yang pipih dengan warna perak dan memiliki semburat kuning. Ikan ini menjadi tangkapan umum di perairan tropis Indo-Pasifik. Walaupun bentuknya pipih, ikan ini memiliki daging yang lumayan tebal sehingga cocok jadi menu pesta ikan bakar. Untuk mencarinya di pasar Anda tak perlu susah, cukup kenali bentuk dahi ikan ini yang agak lebar. Ikan kuwe bisa diolah dengan beragan cara, salah satunya dengan dibakar menggunakan bumbu kuning.

2. Ikan Ayam-ayam
 
Ikan Ayam-Ayam
Ikan ayam-ayam atau biasa dikenal juga dengan ikan etong, jebong, dan kambing-kambing ini merupakan salah satu jenis ikan yang cocok untuk dibakar. Ikan ini merupakan ikan yang mudah ditemukan dan jadi tangkapan umum di kawasan perairan Indo-Pasifik.  Ikan ayam-ayam berukuran lumayan panjang yaitu 40 cm, bahkan untuk yang jantan ikan ini dapat mencapai 60 cm. Bentuk ikan ayam-ayam juga unik karena lebar pada bagian mulutnya, selain itu warnanya keperakkan. Ikan ayam-ayam yang memiliki tekstur daging tebal cocok diolah dengan beragam cara, salah satunya dibakar. Biasanya saat dibakar ikan ini dilumuri perasan lemon atau jeruk nipis agar bau amis hilang dari permukaan ikan. Setelah itu diberi bumbu sesuai selera, bisa dengan bumbu kuning atau pun kecap.

3. Ikan Kakap
 
Ikan Kakap Merah
Ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Jenis ikan laut satu ini hidup di dasar terumbu karang dengan cara berkelompok. Ikan kakap memiliki beragam jenis yang berbeda, yang terkenal di Indonesia adalah jenis ikan kakap merah, kakap kuning, dan kakap hitam. Seperti ikan kakap merah yang merupakan fauna khas dari Kepulauan Riau, sehingga banyak dijadikan hidangan yang nikmat. Ikan kakap yang memiliki bentuk agak menonjol pada bagian atas ini memiliki daging yang tebal, bahkan bagian kepalanya saja memiliki banyak daging. Ikan yang juga memiliki tekstur tebal ini juga cocok dipakai untuk sajian pesta ikan bakar. Ikan kakap bakar biasanya dibumbui dengan bumbu ketumbar atau kuning.

4. Ikan Baronang
 
Ikan Baronang
Ikan baronang merupakan jenis ikan laut yang juga hidup berkompok dan masuk ke dalam keluarga Siginide. Ikan ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda, seperti di Kepulauan Seribu disebuat dengan kea-kea, biawas di Jawa Tengah, dan samadar di Maluku. Ikan jenis ini merupakan tangkapan umum dan banyak sekali ditemukan di perairan dangkal laguna di wilayah Indo-Pasifik dan timur Laut Tengah. Ikan yang dalam bahasa Inggris bernama rabbitfish ini merupakan ikan yang memakan tumbuhan-tumbuhan laut. Jika Anda ingin mencarinya di pasar, ikan ini memiliki bentuk yang membujur dan pipih. Di punggungnya di kelilingi oleh duri tajam. Jika ingin membuat ikan baronang bakar ini, Anda bisa mengolahnya dengan bumbu kecap manis. Ikan baronang ini juga dapat dinikmati dengan sambal terasi dan lalapan, sangat pas disantap bersama keluarga saat merayakan tahun baru. Anda bisa menyayat badannya agar bumbu meresap atau dibelah menjadi dua agar bumbu merata dan lebih nikmat saat disantap.

5. Ikan Kerapu
 
Ikan Kerapu Bakar
Satu lagi ikan laut yang cocok dijadikan ikan bakar untuk pesta ikan bakar tahun baru. Ikan ini masuk ke dalam anggota genus anaksuku Epinephelinae. Ikan kerapu juga salah satu jenis ikan yang biasa hidup di terumbu karang dengan jenis beragam. Bentuk ikan kerapu pipih, mulutnya lebar, dan rahang atas serta bawahnya dilengkapi dengan gigi yang lancip dan kuat dan sirip ekornya berbentuk agak bulat. Ikan kerapu juga dilengkapi sirip punggung yang lancip dan tajam. Ikan jenis ini sangat populer di Indonesia, diantaranya ada ikan kerapu bebek atau tikus, kerapu lumpur, kerapu kertang, kerapu macan, kerapu totol, kerapu karang, dan lainnya. Ikan dengan daging yang tebal ini bisa Anda bakar dengan bumbu kecap manis atau bumbu kuning. Anda bisa menyayat bagian tubuhnya atau dilebarkan menjadi dua. Sangat nikmat ketika disantap dengan sambal, lalapan, dan nasi putih hangat.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy