Kalau Cerdas! Gubernur Jakarta Bisa Meniru Pengelolaan Sampah Tahun 2020 Seperti Ini



sumber gambar: kompas


IDEANEWS.CO -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah, memanfaatkan limbah kantong plastik untuk campuran aspal hotmix. Uji coba aspal hotmix yang dicampur cacahan plastik telah dilakukan di ruas jalan Kabupaten Kedungwuluh Lor-Panusupan yang menghubungkan Kecamatan Patikraja dan Cilongok, Jumat (27/12/2019). 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas Irawadi mengatakan, cacahan kantong plastik yang digunakan harus kering, bersih dan terbebas dari bahan organik dengan ukuran maksimal 9,5 milimeter.

"Pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan tambahan pada campuran aspal panas sebagai salah satu solusi bagi permasalahan limbah plastik yang merupakan wujud dari kepedulian terhadap lingkungan," kata Irawadi.

Irawadi menjelaskan, setiap 1 ton aspal memerlukan campuran cacahan limbah plastik sebanyak enam persen atau sekitar 2,51 kilogram. Keunggulannya ketahanan aspal meningkat hingga 40 persen.

Menurutnya secara teknis dengan penambahan enam persen limbah plastik untuk berat aspal atau kurang lebih 2,51 kilogram per 1 ton hotmix pada campuran aspal panas, menunjukan stabilitas sebesar 40 persen.

"Setelah diujicoba hasilnya luar biasa dan lebih tahan terhadap deformasi serta retak lelah, karena ini bisa menambah daya lekat lebih kuat," ujarnya Senin (30/12/2019).

Pada tahun 2020, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 100 miliar untuk pembangunan jalan. Sehingga dibutuhkan sekitar 37 ribu ton aspal hotmix untuk membangun sepanjang 103 kilometer jalan.

"Jika 1 ton aspal hotmix membutuhkan 2,51 kilogram sampah plastik cacah, maka tahun 2020 kita butuhkan sekitar 95 ton sampah plastik cacah," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein menginstruksikan sampah plastik khususnya kresek mulai Mei tahun 2020 dilarang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Saya minta semua kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang mengelola sampah, dinas lingkungan hidup dan dan dinas pekerjaan umum untuk melakukan sinkronisasi dengan baik, menyukseskan program ini," lanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy