Kisah Haru Pria Hidup dengan 300 Ribu per Bulan Demi Nikahi Pacar



sumber gambar: twitter
Foto Twitter

IDEANEWS.CO -Menikah jadi salah satu momen bahagia dan sakral sehingga banyak dari pasangan ingin pernikahannya berlangsung meriah dan tak jarang membutuhkan biaya besar. Sebagian dari pria merasa tak mudah untuk menabung uang demi bisa melangsungkan pernikahan. Tapi, bagi pria asal Malaysia ini ia membuktikan bahwa dirinya bisa melangsungkan pernikahan impian dengan berhemat.

Luqman Afifi jadi viral setelah menceritakan bahwa ia bisa menghemat RM18.000 atau Rp 60 juta dalam setahun dengan gaji rata-rata RM1.400 atau Rp 4,7 juta sebulan. Pada unggahan di Twitternya, Luqman berbagi bagaimana ia melakukannya meskipun dirinya hanya bekerja sebagai freelancer editor video, dan tak selalu memiliki banyak pekerjaan.

Seperti dilansir Worldofbuzz, pria yang tinggal di Kuala Lumpur, Malaysia ini terkadang penghasilannya akan kurang dari Rp 4,7 juta karena tidak ada cukup proyek di bulan-bulan tertentu. Luqman bertekad untuk menabung uang demi pernikahannya dengan wanita yang dicintainya.
"Saya tidak pilih-pilih proyek. Proyek apapun yang bisa saya dapatkan akan saya lakukan, walaupun hanya dibayar RM50 (Rp 170 ribu)," cerita Luqman.

Pria berusia 24 tahun ni mengatakan bahwa dirinya membuka dua rekening bank, satu untuk tabungannya dan satu lagi untuk pengeluaran. Luqman menjelaskan bahwa ia meninggalkan kartu ATM untuk rekening tabungan di kampungnya dan hanya akan mengambl 20% dari setiap pembayaran yang ia dapatkan. Sementara itu, sisanya akan disimpan di rekening bank tabungan.
"Selama waktu ini, saya akan menghindari acara atau pertemuan yang mengharuskan saya menghabiskan uang," tambahnya.

Luqman tinggal bersama delapan hingga sembilan teman serumah dan mengatakan bahwa hal tersebut membantunya untuk mengurangi biaya sewa. Ia pun akan masak dan makan di rumah.
"Kami akan mengeluarkan RM10 (Rp 35 ribu) per orang dan memasak makanan sederhana seperti ayam yang dimasak dengan sambal dan terkadang dengan telur. Saya hanya menghabiskan sekitar RM100 (Rp 335) ribu setiap bulan untuk makanan dan bensin untuk sepeda motor saya. Untungnya saya tidak merokok, jadi saya tidak harus menyisihkan anggaran untuk ini," tulis Luqman.

Luqman pun menjelaskan bahwa ia melakukan penghematan ini selama satu tahun, sehingga dirinya akan memiliki cukup uang untuk pernikahannya. Jika ia cukup beruntung, Luqman mengungkapkan bisa mendapatkan dua proyek besar sebelum pernikahannya yang memungkinkannya untuk mendapatkan tambahan RM4.000 atau Rp 13 juta hingga RM5.000 atau Rp 16 juta untuk dana pernikahannya.

Beruntungnya, istri dan keluarganya mengerti dan mengatakan bahwa mereka tidak perlu pesta pernikahan besar selama pasangan itu bahagia. Mayoritas netizen yang membaca postingan Luqmad ini memuji tekad dan ketekunannya untuk menghemat uang untuk pernikahannya. 

Sumber: Wolipop.detik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy