News Update! Inilah Rencana Tarif Baru Kenaikan Gas LPG Capai Puluhan Ribu

sumber gambar: merdeka.com
Gambar LPG 3 KG



IDEANEWS.CO - Kado itu harusnya indah, tapi ini berbeda. Setelah menaikkan Iuran BPJS, dan Tarif Tol. Kini Pemerintah berencana menaikkan harga Gas.

Pemerintah berencana tidak lagi memberikan subsidi untuk LPG 3 kilogram (kg) atau yang biasa dikenal dengan tabung melon pada semester II tahun ini.

Subsidi tidak lagi diberikan pada tabung gas, namun langsung pada masyarakat yang berhak. Dengan demikian harga tabung melon yang dijual akan disesuaikan dengan harga pasar.

Jika dihitung harga tabung LPG 12 kg mencapai Rp 139.000, maka per kilogramnya gas mencapai Rp 11.583. Dengan angka tersebut, harga tabung LPG 3 kg bisa mencapai Rp 35.000. Ini naik signifikan ketimbang harga saat ini yang berkisar Rp 18.000 sampai Rp 21.000.

Plt. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM yang berhak menerima subsidi beserta skemanya.
"LPG ini tantangan kita di 2020, secara prinsip sektor terkait setuju LPG 3 kilogram secara tertutup hanya untuk masyarakat yang berhak. Ini persiapan subsidi langsung pada masyarakat, mudah-mudahan tahun ini pertengahan tahun bisa diterapkan," kata Djoko, di kantornya, Selasa (14/01/2020).

Djoksis, panggilannya, menerangkan, pihaknya sudah punya tiga kriteria penerima subsidi. Pertama, akan ada 15 juta masyarakat yang menerima subsidi, kriteria kedua 20 juta, dan terakhir 25 juta. Namun belum bisa dipastikan kriteria mana yang akan diambil karena masih dalam proses pembahasan siapa saja yang benar-benar berhak.
 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy