Sahabat Karib Amien Rais Disingkirkan Dari Kekuasaan di Malaysia

 
sumber gambar: antara
Photo Anwar Ibrahim dan Amien Rais

IDEANEWS.CO - Beberapa waktu lalu dominasi Amien Rais dalam menentukan pimpina Partai Amanat Nasional yag didirikannya runtuh saat calon yang dijagokannya keok bertarung dengan calon petahana Zulkifli Hasan dalam memperebutkan kursi Ketua Umum di Kendari Sulewesi Selatan Bulan Februari tahun 2020 ini.


Senada dengan nasib Amien Rais, mantan Wakil PM Malaysia Anwar Ibrahim yang merupakan sahabat akrabnya juga harus mengalami nasib yang sama.

Suhu politik di Malaysia yang sudah panas dalam beberapa bulan terakhir mengenai transisi kekuasaan antara Perdana Menteri Mahathir Mohamad dan politisi senior Anwar Ibrahim mendekati klimaks, Minggu malam (23/02/2020). 

Secara mengejutkan, rumor politik yang sudah berseliweran selama beberapa bulan terakhir semakin mendekati kenyataan. Rumor bahwa koalisi berkuasa Pakatan Harapan akan bubar digantikan koalisi baru dengan dukungan dua partai oposisi, yakni Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan Partai Islam se-Malaysia (PAS) bukan lagi hanya sekedar isapan jempol.

Jika benar koalisi baru ini terbentuk, pupuslah ambisi Anwar Ibrahim untuk menjadi orang nomor satu negeri jiran setelah 22 tahun menanti. Padahal koalisi Pakatan Harapan yang mengalahkan Barisan Nasioanal secara mengejutkan pada pemilu May 2018 telah sepakat Presiden PKR itu akan menggantikan Mahathir pada May 2020. 

Bahkan terakhir pada pertemuan Jumat lalu, Anwar menyatakan bersedia jika Mahathir ingin memperpanjang kekuasaannya hingga Malaysia selesai menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) pada November 2020. Namun bukan rahasia lagi bahwa Mahathir tidak pernah benar-benar menginginkan mantan musuh politiknya ini menjadi suksesornya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy