Trending Siswa SMA Merokok Dengan Leluasa di Samping Gurunya Saat Sedang Mengajar

 
Ambo (51) Baju Coklat
IDEANEWS.CO - Beralasan melanggar HAM (Hak Asasi Manusia), seorang guru di Makassar yang tak mengambil tindakan tegas pada siswa di sampingnya yang merokok mendapat kritikan tajam dari pihak guru-guru lain.


Sebelumnya, Ambo (51), guru Bahasa Indonesia di Yayasan SMA Ilham Makassar didatangi salah seorang muridnya ketika memberikan mata pelajaran.

Sang siswa kemudian merokok dan berpose santai, menggunakan aksesories kacamata, di samping Ambo, tanpa rasa takut sedikit pun.

Foto tak terpuji itu pun dengan cepat menyebar luas di media sosial, hingga sampai ke tangan Dinas Pendidikan Kota Makassar, dan berujung pada pemanggilan Ambo.

Pada saat dimintai penjelasan atas ulah siswanya, Ambo pun berdalih tak menegurnya lantaran tidak ingin dianggap melanggar HAM.

Namun banyak yang berspekulasi jika Ambo tak ingin berurusan dengan polisi.

Seperti yang kita ketahui fenomena di Indonesia saat ini, ketika guru mengambil tindakan tegas untuk memberi pelajaran terhadap muridnya, orangtua murid tak terima dan kemudian melapor kepada polisi.

Dan mungkin inilah yang dihindari oleh Ambo.

Akan tetapi, langkah yang diambilnya membuat guru lain geram. Termasuk diantaranya Zainita Zakiah, salah seorang guru SMK di Makassar.

Dia bahkan berkata tidak masalah jika harus berujung pidana, demi menanamkan nilai-nilai baik pada murid.

“Saya juga seorang guru. Miris lihatnya. Kalau saya di posisi bapak guru, gak akan saya biarkan siswa saya berbuat demikian. 

Penjara-penjara deh, daripada dibiarkan semakin kurang ajar, jadi contoh untuk yang lain. Jadi guru jaman sekarang memang susah, dikit-dikit HAM, tapi kalau niat kita untuk membantu anak bangsa biar lebih baik lagi, insya allah dimudahkan jalannya. Karena sekarang attitude first,” tulisnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy