Vatikan Pastikan Paus Fransiskus Terserang Penyakit Ini

 
sumber gambar: google
Photo Paus Fransiskus
IDEANEWS.CO - Vatikan memaparkan Paus Fransiskus terpaksa menunda serangkaian agenda publiknya termasuk membatalkan sebuah misa karena sakit.


Kepala Pers Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan Paus Fransiskus menderita "penyakit ringan", tanpa menjelaskan detail penyakitnya.

Pernyataan itu muncul setelah Paus terlihat menderita flu dan demam di awal pekan ini.
Dengan bersuara serak, Paus berusia 83 tahun itu juga terlihat menutup hidung dan batuk selama memimpin kebaktian Rabu (26/2).

Kabar mengenai kondisi Paus Fransiskus ini beredar ketika Italia tengah bergulat membendung penyebaran kasus Virus Corona atau Covid-19 yang terus melonjak.

Selama ini, Paus Fransiskus dikenal sangat jarang membatalkan kegiatan-kegiatannya yang kerap bertemu dengan banyak orang terutama para jemaatnya.

Diketahui, Vatikan merupakan negara kota yang dikelilingi oleh teritori Italia. Sejauh ini, Kementerian Kesehatan Italia mencatat ada 1.128 kasus dengan 29 kematian di negara Pizza itu. Angka ini menjadikan Italia sebagai negara Eropa terbanyak dengan kasus Virus Corona sejauh ini.
Sebagian besar kasus Corona terjadi di utara Italia, tepatnya wilayah Lombardy.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menyalahkan manajemen rumah sakit "yang tidak sepenuhnya wajar dan layak" sehingga menyebabkan jumlah kasus virus corona meningkat di negaranya.

Menurut Conte, beberapa rumah sakit di utara Italia tak seluruhnya mengikuti protokol yang ditetapkan pemerintah dalam menangani pasien terduga bahkan pasien positif corona.

"Ada manajemen rumah sakit yang tidak sepenuhnya sesuai dengan protokol yang direkomendasikan dalam kasus ini dan tentu ini berkontribusi pada penyebaran virus," ucap Conte.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy