Air Wudu Bisa Tangkal Virus Corona Dibantah Keras Pakar Vaksinolog

 
sumber gambar: google
Ilustrasi Photo
IDEANEWS.CO - Wali Kota Depok Muhammad Idris mengimbau warganya agar tak panik menghadapi virus corona (COVID-19) pasca pemerintah mengumumkan adanya dua warga Depok positif virus corona.


Ia pun mengajak warga muslim agar senantiasa memelihara wudu untuk mencegah dari kemungkinan terinfeksi virus asal Wuhan itu.

Menurutnya, bagi umat beragama Islam, wudu dipercaya bisa menangkal segala virus, termasuk corona.

“Untuk menangkal sebenarnya kalau umat Islam sudah biasa menangkal suatu virus. Virus apa pun ya dengan kita berwudu, dengan kita memelihara wudu itu penangkalan virus-virus apa saja,” kata Idris, seperti dilansir dari Detik, Kamis, 5 Maret 2020.

Menanggapi pernyataan Idris tersebut, Vaksinolog dr Dirga Sakti Rambe, MSc, SpPD, dari OMNI Hospitals Pulomas mengatakan bahwa pernyataan itu salah dan keliru.

Virus corona sejauh ini, kata dr Dirga, tidak bisa ditangkal dengan air biasa, melainkan harus menggunakan disinfektan.

“Tidak benar. Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa virus corona bisa mati dengan air biasa,” kata dr Dirga.

Adapun disinfektan yang dapat membunuh virus corona yakni cairan alkohol dengan kadar minimal 70%, klorin, hidrogen peroksida, dan kloroform.

“Virus ini juga mati pada pemanasan dengan suhu 56 C minimal selama 30 menit,” ujarnya.
Sebelumnya, Wali Kota Depok Muhammad Idris sempat menuai kecaman dari berbagai pihak lantaran dituding telah membeberkan identitas dan alamat lengkap dua warganya yang positif virus corona.

Menanggapi kecaman tersebut, Idris membantah keras bahwa dirinya telah mengeluarkan pernyataan terkait informasi alamat dua warganya itu.

Idris mengatakan bahwa ia sama sekali tak pernah menyebutkan nama dan alamat dua warga tersebut.
“Dalam konferensi pers saya tidak menyebutkan nama dan alamat rumahnya,” ujar Idris.

Bahkan, dirinya mengaku hingga saat ini tak mengetahui secara pasti nama maupun alamat dua pasien positif corona itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy