Niat Tulus Jokowi Bantu Masyarakat Saat Wabah Corona Kena Hoaks, Ratusan Warga Miskin Bogor Antre Sembako di Gerbang Istana Bogor

 
sumber Photo : politik today
Gambar Ilustrasi

IDEANEWS.CO - Presiden Joko Widodo tidak membagikan paket sembako di Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu malam, 11 April 2020. Klarifikasi itu dikeluarkan untuk membantah hoaks yang beredar di media sosial.


"Di beberapa media sosial disebutkan juga bahwa warga menuju Istana Kepresidenan Bogor karena ada pembagian paket sembako dari Presiden Joko Widodo, perlu kami sampaikan bahwa berita tersebut tidak benar," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (12/4/2020).

Sebelumnya Beredar video di media sosial yang menunjukkan adanya pergerakan warga di Kota Bogor berjalan kaki menuju Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu malam (11/4).

Menurut Bey, Presiden Joko Widodo membagikan paket sembako pada Kamis sore (9/4) di Jakarta dalam perjalanan dari Istana Merdeka Jakarta menuju gerbang tol Kemayoran untuk melanjutkan perjalanan ke Bogor. Pembagian paket selanjutnya juga dilakukan pada Jumat malam (10/4) di Bogor.

"Dalam kegiatan pembagian paket sembako tersebut, pihak Paspampres selalu mengutamakan protokol kesehatan dalam pandemi virus Corona dan physical distancing," ujar Bey menambahkan.

Pada Sabtu malam (11/4) masyarakat Kota Bogor memperkirakan Presiden Jokowi akan kembali membagikan paket sembako.

"Perkiraan masyarakat ini kemungkinan didasari adanya pembagian paket sembako pada hari sebelumnya yaitu pada Jumat malam (10/4). Selain itu, adanya informasi yang beredar di masyarakat dan bukan dari sumber resmi yang menyebutkan bahwa Presiden akan membagikan paket sembako," ungkap Bey.

Menurut Bey, masyarakat mengira akan ada lagi pembagian sehingga mereka berbondong-bondong ke Istana Kepresidenan Bogor padahal pada hari Sabtu (11/4) tidak ada agenda Presiden Jokowi membagikan paket sembako.

"Setelah diberi penjelasan oleh Paspampres yang dibantu aparat kewilayahan dari Komando Resor Militer 061 (Korem 061/Surya Kencana) dan Polresta Bogor Kota, warga akhirnya kembali ke rumah masing-masing," tutur Bey.

Selanjutnya, dari kegiatan pembagian paket sembako di Jakarta (9/4) dan Bogor (10/4), serta pergerakan warga Kota Bogor menuju Istana Kepresidenan Bogor pada Sabtu malam (11/4), Sekretariat Presiden, Sekretariat Militer Presiden, dan Paspampres akan melakukan evaluasi cara pembagian sembako yang tentunya mengutamakan physical distancing, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

"Terlebih lagi, DKI Jakarta dan wilayah Bogor sudah ditetapkan Menteri Kesehatan sebagai wilayah pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tentunya kita semua harus mendukung pelaksanaan PSBB ini," kata Bey menegaskan.

Wujud Kepedulian Jokowi

Juru Bicara Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia mengatakan aksi membagikan sembako yang dilakukan Presiden Joko Widodo merupakan wujud kepedulian terhadap warga, khususnya DKI Jakarta.

Sebab, DKI Jakarta sudah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan angka penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Ini dilakukan sebagai wujud kepedulian presiden terhadap warga yang utamanya tinggal di daerah Jakarta," kata Angkie kepada wartawan, Sabtu (11/4/2020).

Menurut dia, lewat aksi bagi-bagi sembako ini, Jokowi ingin menyampaikan pesan kebersamaan dan gotong-royong di masa pandemi Corona. Selain itu, dia ngin meyakinkan bahwa Indonesia bisa melewati situasi tersebut.

"Apa yang dibagikan oleh Presiden kepada warga adalah pesan untuk terus bersatu dalam menebar kebaikan di situasi tanggap darurat saat ini," ucap Angkie.

Dia pun memastikan bahwa aksi membagikan sembako yang dilakukan Presiden Jokowi tetap menerapkan physical distancing atau menjaga jarak aman. Hal itu untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

"Kegiatan ini dilakukan tanpa memberi tahu warga terlebih dahulu dan dibagikan secara langsung serta berpindah-pindah lokasi agar menghindari kerumumunan publik dan tetap memerhatikan jarak sesuai protokol physical distancing," jelas Angkie.

 Bagi-Bagi Sembako

Sebelumnya, Jokowi telah membagikan sekitar 400 paket sembako di kawasan Jakarta Pusat.
 Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut membagikan sembako selepas pulang dari Istana Merdeka , sekitar pukul 17.00 WIB menuju Istana Bogor, Jawa Barat.

"Sepanjang Kemayoran itu Presiden membagi bagikan sembako, 400 paket sembako," kata Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dihubungi di Jakarta, Kamis, 9 April 2020. 

Tidak hanya ojek online, para pedagang asongan diberikan sembako yang berisi beras, minyak, mie instan, hingga susu kotak dari Jokowi.

"Bukan hanya ojol ada juga pedagang asongan," ungkap Bey.

(bizlaw)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy