Tumpahkan Kekesalan, Luhut Emosi Sebut Ini Pembodohan

 
sumber photo : google
Photo Luhut
IDEANEWS.CO - Di tengah pandemi corona, muncul persoalan tenaga kerja asing (TKA) asal China. Pada pertengahan Maret lalu, masyarakat dihebohkan oleh masuknya 49 TKA China ke Kendari. Kemudian yang terbaru, masuknya TKA China ke lingkungan perusahaan tambang nikel di Halmahera Selatan memicu konflik dengan pekerja lokal pada Senin (13/4).


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, angkat bicara mengenai isu serbuan TKA China. Menurut Luhut, Indonesia bukan negara yang mudah dimasuki secara ilegal. Para pekerja China yang masuk, kata dia, pasti sudah melalui prosedur yang resmi alias legal.

Luhut menyebut, isu serbuan TKA China dihembus-hembuskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dia menegaskan bahwa itu semua berita bohong alias hoaks, pembodohan untuk masyaraka.

"Mengenai pekerja China, saya garis bawahi lagi, orang datang ke Indonesia enggak bisa menyelundup begitu saja. Pasti melalui prosedur. Kami pasti tahu, kan dia mesti minta visa ke kedutaan kita. Saya lihat di medsos, dibilang ada kapal bawa buruh dari China. Padahal orang-orangnya saja tidak kelihatan. Ini kan pembodohan. Orang itu memberitakan berita bohong," ujar Luhut dalam video conference, Selasa (14/4).

Ia juga kembali menyampaikan pembelaannya pada 49 TKA China di Kendari yang disebut-sebut masuk secara ilegal di tengah wabah corona. "Yang 49 (TKA China) yang kemarin kita ribut itu pun enggak ada yang salah prosedurnya. Enggak ada yang salah sama sekali," tegasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy