Geram, Anggota DPR Herman Beberkan Partai Pengusul RUU HIP


sumber gambar: jitunews
Photo Herman Khoirun
Ideanewsindo - Rancangan undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) terus menjadi polemik. Kali ini, anggota RUU HIP dari Fraksi Partai Demokrat Herman Khaeron menyebut Fraksi PDIP di DPR RI sebagai inisiator rancangan perundangan itu.

Politikus Partai Demokrat itu menyampaikan hal tersebut saat menjelaskan perjalanan RUU HIP dalam webinar yang digelar Partai Demokrat. Herman menjawab pertanyaan moderator Munawar Fuad.

"RUU ini masuk dalan Prolegnas dan prioritas 2020 yang tentu diusulkan, ada inisiatornya kita tidak perlu menyebutkan," kata Herman dalam webinar yang digelar Partai Demokrat, Jumat (26/6).

"Kenapa tidak disebutkan, Mas?" ucap Munawar menyela.

"Sudah jadi rahasia umum toh? Fraksi PDI-Perjuangan," tutur Herman.

Selama ini fraksi-fraksi di DPR RI, terutama di Badan Legislasi (Baleg), enggan mengungkap fraksi pengusul RUU HIP. Mereka hanya menyebut RUU HIP adalah inisiatif DPR.

Herman seperti dilansir CNNIndonesia juga menjelaskan sikap Fraksi Partai Demokrat konsisten menolak RUU HIP sejak awal. Dia mengaku sempat mengikuti dua dari tujuh pembahasan RUU HIP.

Herman menyampaikan Demokrat menarik diri karena tak pernah diberi kesempatan menyampaikan pendapat, baik dalam Rapat Panja hingga saat Rapat Paripurna, Selasa (12/5).

"Partai Demokrat menarik diri atas situasi yang begitu cepat. Argumentasi kita tidak pernah kemudian menjadi perhatian khusus. Bukan hanya Demokrat, banyak fraksi yang juga melakukan bagaimana mengkritisi konteks RUU ini," tuturnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy