Jangan Asal Salahkan Jokowi Soal Utang, Negara Saat Ini Masih Bayar Utang Warisan



sumber gambar: bisnis
Photo (Suahasil)
Ideanewsindo.com Ternyata negara saat ini masih membayar utang dari warisan krisis yang terjadi pada 1997-1998. Kala itu, rasio utang Indonesia mencapai 100 persen dari produk domestik bruto.

"Utang 1998 masih ada yang belum dibayar. Artinya masih ada yang harus dibayar sampai sekarang dan itu 22 tahun lalu, ibaratnya orang tua kita memutuskan utang," tutur Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam dialog virtual bersama Staf Khusus Menteri Keuangan, Masyita Crystallin, Kamis, 18 Juni 2020.

Dijelaskan, utang tersebut tercatat dalam neraca Bank Indonesia. Adapun pada krisis kali ini akibat adanya pandemi corona negara memang juga mengambil jalan untuk kembali berutang.

Musababnya, kebutuhan negara membengkak untuk penanganan pagebluk. Sedangkan di saat yang sama, penerimaan pendapatan dari pajak melorot tajam karena berkurangnya aktivitas.

Meski begitu, dia memastikan rasio utang negara pada 2020 diperkirakan jauh lebih kecil dibandingkan dengan 1998, yakni 30-35 persen dari PDB. Pinjaman pun didapat dengan penjualan surat-surat utang negara, baik ke dalam maupun luar negeri.

(bizlaw)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy