Anies Baswedan Putar Otak Garap Proyek Mangkrak 16 Tahun yang Gagal Dituntaskan Jokowi-Ahok

Dampak pembangunan LRT, sebagian jalan di Jakarta Utara bergelombang dan membahayakan pengendara (foto: akurat)

IDEANEWSINDO.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya sedang mencari solusi atas proyek monorel Jakarta yang mangkrak selama 16 tahun. Bukan untuk melanjutkan proyek tersebut.

Diketahui, puluhan tiang beton yang sudah terlanjur berdiri jalan jalan HR Rasuna Said dan Jalan Asia Afrika itu mesti dimanfaatkan supaya tiang-tiang itu tidak merusak pemandangan kota.
 
Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang meminta masukan dari DPRD DKI Jakarta sebagaimana pengakuan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim membenarkan hal tersebut. Pemprov DKI disebutnya telah mencari solusi atas tiang-tiang pancang tersebut. Lukmanul sendiri menyarankan supanya beton itu dibongkar saja.

"Keberadaan tiang-tiang Monorel itu mengganggu pemandangan dan kenyamanan berkendara. Pemprov DKI Jakarta membongkar saja tiang-tiang pancang tersebut untuk menjaga estetika kota," kata Lukmanul saat dikonfirmasi, Sabtu (24/10/2020).

Walau menyarankan dibongkar, namun politisi PAN ini meminta Pemprov DKI mencari tahu pengembang proyek mangkrak itu. Nanti mereka yang akan diminta mengongkosi biaya pembongkoran tiang-tiang pancang itu.

"Harus dicek dulu sama pemprov, ini (proyek) punya siapa, tapi setau saya itu bukan aset Pemprov, intinya kalau pengembang gak bertanggung jawab, ya bongkar, tapi biaya nya jangan dari pemprov dong" ucapnya.

Gubernur Anies Baswedan dan jajaranya sebetulnya sudah menerima sejumlah masukan dari berbagai pihak tetapi sejauh ini saran-saran itu masih dipetimbangakan. Belum ada keputusan yang jelas.

"Memang ada yang memberikan masukan untuk diteruskan, ada yang menyampaikan agar tiang dicabut. Semua masukan itu akan menjadi pertimbangan kami," kata Wagub Riza di Balai Kota DKI kemarin.

Ariza mengatakan keputusan akan segera diambil tetapi harus melalui diskusi pankang yang melibatkan banyak pihak. 

"Nanti Pak Anies akan mengundang seluruh jajaran terkait, seluruh instansi terkait, kita akan mencarikan solusi yang terbaik. Tentu yang memberi kontribusi dari segi fungsi, struktur, dari segi penggunaannya dan juga tentu dari segi pembiayaannya," ujarnya.

Sekedar mengingatkan kembali, proyek mangkrak ini mulai digarap di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Proyek itu diresmikan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Adapun proyek ini didam-idamkan sebagai proyek pertama integrasi Transportasi di Ibu Kota saat ini. Namun setelah Sutiyoso lengser pengerjaan proyek ini mandek di era Fauzi Bowo. Alasannya adalah masalah keuangan.

Pada masa Kepemimpinan Joko Widodo -Basuki Tjahaja proyek itu sempat diwacanakan kelanjutannya. Sayangnya sampai sekarang tidak ada tindaklanjut.


s. akuat.co

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy