Jokowi Selalu Laporkan Penerimaan Hadiah ke KPK

Daniel Mananta ke Istana bawa sepeda ecosmo edisi sumpah pemuda untuk Jokowi

IDEANEWSINDO.COM - Kepala Sekretariat KSP Yan Adikusuma mengatakan, akan segera melaporkan pemberian sepeda lipat edisi khusus Sumpah Pemuda untuk Presiden Joko Widodo ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sepeda tersebut saat ini masih terparkir di KSP dan belum diserahkan ke Jokowi.

"Kemarin sesuai instruksi Kepala Staf Kepresidenan, Pak Moeldoko, barang-barang tersebut akan kami laporkan ke KPK untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Yan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (27/10/2020).

"Semua sepeda yang masih ada di KSP akan segera kami laporkan ke KPK," tambahnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Juru Bicara Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding mengatakan, pihak istana harus melaporkan penerimaan gratifikasi tersebut jika pemberian sepeda ditujukan untuk pribadi Jokowi.

Laporan penerimaan gratifikasi disampaikan paling lambat dalam waktu 30 hari kerja, terhitung sejak tanggal gratifikasi diterima sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Setelah laporan diterima dan dianalisis, KPK bakal menetapkan status kepemilikan gratifikasi tersebut, apakah milik negara atau milik pribadi.

Presiden Jokowi dikenal luas kerap kali melaporkan barang pemberian orang lain kepada dirinya, secara pribadi.

Dari piringan hitam, alat musik elektrik milik personel Metallica, dan beragam pemberian pribadi dari orang lain kepada dirinya, pernah diserahkan Jokowi kepada KPK untuk diperiksa.


s. rri.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy