Mau Hajar Pengganggu Jakarta, Mayjen TNI Dudung Punya Pasukan Besar



IDEANEWSINDO.COM - Panglima Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah menyatakan dengan tegas akan melumat habis siapa saja yang berani mengganggu keamanan di wilayah DKI Jakarta.

"Yang mengganggu persatuan keutuhan NKRI jangan coba-coba di Jakarta, saya hajar itu," kata Mayjen TNI Dudung saat berkunjung ke tvOne kemarin.

Peringatan keras ini ditujukan Mayjen TNI Dudung bukan hanya pada satu kelompok tertentu saja, tapi untuk semua pihak yang berusaha memecah belah persatuan rakyat. Baik itu kelompok organisasi masyarakat atau pengacau keamanan lainnya.

Apa yang dikatakan Mayjen TNI Dudung ini dipastikan bukan hanya omong kosong belaka. Beliau diyakini mampu menghajar pengganggu Jakarta, karena memang memiliki kekuatan yang luar biasa banyaknya.

Berdasarkan catatan VIVA Militer, Rabu 18 November 2020, Kodam Jaya saat ini sedikitnya memiliki lebih dari 13 ribu prajurit TNI. Dan tersebar di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang dan Depok.

Kodam Jaya memiliki pasukan aktif yang saat ini terkonsentrasi di satuan teritorial dan satuan tempur serta satuan bantuan tempur.

Satuan teritorial Kodam Jaya berada di bawah komado dua Komando Resor Militer (Korem) yaitu Korem 051/Wijayakarta dan Korem 052/Wijayakrama. Dan 1 Komando Distrik Militer (Kodim) Berdiri Sendiri, yakni Kodim 0501/Jakarta Pusat.

Korem 051/Wijayakarta membawahi 5 Kodim. Mulai dari Kodim 0504/Jakarta Selatan, Kodim 0505/Jakarta Timur, Kodim 0507/Kota Bekasi, Kodim 0508/Depok, dan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi.

Sedangkan Korem 052/Wijayakrama mengkomandoi 4 Kodim, antara lain Kodim 0502/Jakarta Utara, Kodim 0503/Jakarta Barat, Kodim 0506/Tangerang, dan Kodim 0510/Tigaraksa.

Sementara satuan tempur dan bantuan tempur yang dimiliki Kodam Jaya, sebagai berikut:

Brigade Infanteri Mekanis 1 PAM Ibukota/Jaya Sakti memiliki satu satuan tempur dan bantuan tempur meliputi, Batalyon Mekanis 201/Jaya Yudha, Batalyon Mekanis 202/Taji Malela, Batalyon Mekanis 203/Arya Kemuning, Batalyon Kavaleri 9/Satya Dharma Kala, Peleton Intai Keamanan dan Kompi Protokol.

Kemudian ada Resimen Artileri Pertahana Udara 1 Falatehan yang memiliki satuan tempur dan bantuan tempur Batalyon Arhanud 6/Bhaladika Akasa Yudha, Batalyon Arhanud 10/Agni Buana Cakti, Detasemen Arhanud 003/Akasa Rakca Ksatrya.

Selanjutnya Kodam Jaya juga memiliki pasukan tempur dan bantuan tempur diBatalyon Kavaleri 7/Pragosa Satya, Batalyon Artileri Medan/Biring Galih, Detasemen Zeni Tempur 3/Agni Tirta Dharma dan Batalyon Zeni Konstruksi 11/Durdhaga Wighra.

Belum lagi satuan-satuan di bawah Kodam Jaya, dipimpin jenderal-jenderal dan perwira-perwira terbaik TNI yang memiliki segudang pengalaman dalam menjaga keamanan NKRI.


s. viva.co.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy