PPATK Ungkap Laporan Transaksi Keuangan Milik Calon Kapolri Listyo Sigit



IDEANEWSINDO.COM - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap laporan transaksi keuangan milik Kabareskrim Komisaris Jenderal (Komjen) Pol Listyo Sigit Prabowo, yang juga calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. 

Ketua Kelompok Humas PPATK, M Natsir Kongah mengatakan, pihaknya telah menyerahkan hasil laporan transaksi keuangan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit ke DPR RI, pada Kamis (14/1/2021) kemarin.

Laporan tersebut diserahkan PPATK dalam rapat tertutup bersama DPR RI di gedung parlemen.

“Kemarin sudah diserahkan (laporan transaksi keuangan Listyo Sigit) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR,” kata Natsir saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Jumat (15/1/2021).

Namun demikian, Natsir enggan menjelaskan secara detail apakah transaksi keuangan yang dilakukan Komjen Listyo Sigit itu masih dalam tahap wajar atau tidak, dalam arti ada yang mencurigakan.

“Rapatnya tertutup,” ujar Natsir.

Sebelumnya diketahui, Komisi III DPR RI menggelar RDP dengan mengundang PPATK terkait hasil pemantauan dan penelusuran keuangan calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, pada Kamis (14/1/2021) kemarin. Rapat tersebut  berlangsung secara tertutup.

RDP itu digelar untuk mengetahui apakah ada aliran dana yang mencurigakan dari rekening milik Listyo Sigit yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Nantinya, hasil RDP tersebut akan menjadi bahan Komisi III saat menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri pada pekan depan.

Sekedar informasi, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pihaknya telah menerima surat presiden (surpres) terkait nama calon Kapolri baru. Surpres itu diantarkan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno ke Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

"Surpres diterima yang mana Pak Presiden Joko Widodo melalui Mensesneg menyampaikan usulan nama tunggal, yaitu Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri," kata Puan beberapa waktu lalu.


s: akurat.co

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy