Viral Video Pengurus Masjid di Bekasi Usir Warga Bermasker, Netizen Salfok Dalil Quran yang Dikutip Takmir



IDEANEWSINDO.COM - Sebuah video sekelompok orang yang diduga pengurus masjid di Bekasi, mengusir warga yang mengenakan masker. Parahnya lagi, salah seorang dari mereka melarang menggunakan masker sambil mengutip dalil Al-Quran yang keliru.

Salah kutip dalil Al-Quran surat Ali-Imran ayat 96 yang disebut oknum pengurus masjid itu menjadi perbincangan netizen dan salah fokus (salfok). Bukan aksi pengusirannya yang dibahas warganet tapi dalil yang diucapkan pengurus masjid yang dipersoalkan.

"Al imran ayat 96 isinya apaan emang.... Dih koplak. Ni isinya: اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam," komentar netizen dengan nama @thomaswibowo08 di akun instagram @peristiwa_sekitar_kita pada Minggu malam 2 Mei 2021.

Komentar itu sebagai tanggapan atas ucapan si pengusir yang mengutip dalil Al-Quran Surat Ali-Imran sebagai landasan mengusir warga bermasker.

"Jangan pakai masker, ini kan masjid ada perbedaan antara masjid dengan pasar, kata agama, didalam agama bilang siapa orang, Alquran surat Al-Imran ayat 96 paman dakholahu kanna... orang yang masuk dalam masjid itu aman, itu Al-Quran," ucap si pengusir berpeci hitam dengan gamis kuning.

Video tersebut viral tersebar di media sosial. Salah satu akun yang menyebarkan video tersebut adalah akuun @peristiwa_sekitar_kita dengan keterangan sebagai berikut:

"ASTAGFIRULLOHALAZIM, Peristiwa terjadi di daerah Perumahan Harapan Indah Bekasi, Masjid Al Amanah..
Takmir Masjid buat aturan kalau masuk Masjid harus buka masker, ada yang mau ikut shalat pake masker malah di usir...," tulisnya.

Namun tak sedikit warganet yang mempersoalkan alasan mereka mengusir dengan cara berteriak-teriak di dalam masjid.

"Mereka tau itu masjid, mereka tau itu rumah Allah. Lalu knapa berteriak seakan-akan lagi dilapangan??," tulis @raito.07.

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik itu, seorang warga yang duduk bersimpuh di masjid enggan keluar meski beberapa pengurus masjid berusaha mengusirnya.

Menariknya lagi, pertengkaran itu karena seorang warga yang mengenakan masker mengucapkan ulama harus mengikuti aturan pemerintah.

"Kagak bisa, ulama lebih tinggi dari pemerintah," ucap pengurus masjid lainnya dengan suara keras dan bahasa kasar.

Sementara itu dilansir dari kitab suci Al-Quran, jelas tidak ada surat Ali Imran ayat 96 yang berbunyi seperti yang diucapkan si pengusir. Berikut dalil lengkapnya yang dikutip dari Al-Quran Surat Ali Imran ayat 96:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Inna awwala baitiw wuḍi'a lin-nāsi lallażī bibakkata mubārakaw wa hudal lil-'ālamīn

Terjemahannya: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.***

Viral Video Pengurus Masjid di Bekasi Usir Warga Bermasker, Netizen Salfok pada Dalil Quran yang Dikutip si Pengusir /instagram @peristiwa_sekitar_kita


s: pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy