Gus Miftah Bongkar Tarif Dakwah Rp3 Miliar Ternyata Bukan Berupa Uang: Coba Dibaca lah



IDEANEWSINDO.COM - Pedakwah kondang Tanah Air, Gus Miftah bongkar maksud di balik kabar tarif dakwah sebesar Rp3 miliar yang ternyata bukan berupa uang.

Gus Miftah bongkar kalau jumlah tersebut bukan berupa uang. Menurutnya, publik sudah salah sangka kalau untuk tarif dakwah dirinya mematok Rp3 miliar.

Lantas, apa maksud sebenarnya dari kabar tarif dakwah Rp3 miliar yang menurut Gus Miftah bukan berupa uang itu? Berikut klarifikasinya.

Baru-baru ini, publik dihebohkan dengan beredarnya kabar kalau Gus Miftah mematok tarif dakwah mencapai Rp3 Miliar atau banyak disebut 3 M.

Kabar tersebut memicu polemik di tengah masyarakat yang menanggapinya dengan penuh pro dan kontra.

Dalam unggahan di akun media sosial Instagram pribadinya, Gus Miftah memberikan klarifikasi soal kabar tarif dakwah Rp3 Miliar.

Gus Miftah mengatakan kalau yang dimaksud dirinya sebagai 3 M bukanlah berupa uang Rp3 Miliar.

Maksud dari Gus Miftah soal 3 M itu adalah ucapan terima kasih dari panitia pelaksana dan para jemaah kepadanya.

"3 M itu Matur nuwun Mas Miftah," tulis Gus Miftah, seperti dikutip PikiranRakyat-Pangandaran.com dari akun Instagram @gusmiftah pada Sabtu, 10 Oktober 2021.

Menurut Gus Miftah, istilah 3 M yang bukan Rp3 Miliar itu berasal dari ucapan masyarakat yang pernah didatanginya untuk berdakwah.

Terutama masyarakat atau jemaah di pedesaan atau pegunungan yang pernah didatangi Gus Miftah untuk berdakwah.

"Itu bahasa justru datang dari jamaah-jamaah dipedesaan, pegunungan dan pedalaman saking bahagianya saya bisa datang," sambungnya.

Ternyata tarif dakwah 3 M ini bukanlah wacana baru. Hal ini pernah muncul tiga tahun silam dan Gus Miftah sudah menjelaskan kalau maksudnya bukan Rp3 Miliar.

"Coba dibaca lah itu sudah berita 3 tahun yang lalu wawancara," ujar Gus Miftah sambil mengunggah tangkapan layar salah satu media online yang memberitakan soal dirinya.

Usai heboh kabar tarif dakwah Gus Miftah yang seharga Rp3 Miliar, dirinya mengaku tak terlalu ambil pusing.

Guru sekaligus sahabat presenter Deddy Corbuzier ini mengungkapkan kalau dirinya tetap santai menyoal rejeki.

"Santai aja bro, semoga rejeki saya besar," tandas Gus Miftah soal kabar tarif dakwah Rp3 Miliar yang dibongkar kalau maksudnya bukan berupa uang.

s: pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy