Pidato Jokowi Buat Masyarakat Papua 'Histeris', 3 Kalimat Saja Sukses Pecahkan Atmosfer Stadion Lukas Enembe



IDEANEWSINDO.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menapakkan kaki di Stadion Lukas Enembe pada Sabtu, 2 Oktober 2021 malam.

Kedatangannya itu dimaksud untuk meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 secara langsung.

Injakkan kaki di tanah Papua, Jokowi tak lupa menyapa masyarakat dengan penuh rasa bangga.

Pasalnya tahun ini merupakan kali pertama PON diselenggarakan di Bumi Cendrawasih yang memiliki stadion terbaik se-Asia Pasifik.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama. Kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke 20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," katanya sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Di tengah sukacita acara pembukaan PON XX, masyarkat Papua dan segenap penonton yang hadir di Stadion Lukas Enembe itu justru dibuat gempar oleh pidato sambutan sang presiden.

Suara tepuk tangan dan sorak sorai terdengar dari tribun saat Jokowi melontarkan 3 kalimat 'eksotis' yang belum banyak dipahami umum.

"Huwe foi, onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga," kata Presiden Jokowi dalam sambutan pembukaan PON XX Papua 2021, seperti dikutip dari Antara.

Rupanya tiga kalimat itu diambil dari Bahasa Sentani, Kabupaten Jayapura.

Huwe foi dan onomi rehmay sendiri memiliki makna selamat malam, selamat datang dan Tuhan memberkati, sementara wa wa wa biasa digunakan untuk membuka atau menutup pembicaraan bagi masyarakat di wilayah pegunungan Papua.

Menanggapi pidato sambutan tersebut, salah seorang Tokoh Pemuda Papua, Otniel Deda menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk Joko Widodo.

"Saya bangga bahwa Presiden Joko Widodo bisa menyapa dengan salah satu bahasa kami yakni Bahasa Sentani dari Kabupaten Jayapura," kata Otniel di Jayapura, pada Sabtu, 2 Oktober 2021.

Lebih lanjut, dia berharap ke depannya akan ada banyak orang yang memahami dan mengerti bahasa daerah dari Papua ini.


s: pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy