Riza Patria Sebut Tepati Janji Kampanye, Berikut 8 Prestasi Anies Baswedan Selama Jabat Gubernur Jakarta



IDEANEWSINDO.COM - Menjadi seorang pemimpin bukanlah perkara mudah. Seorang pemimpin harus selalu siap mendapat cacian, kritik hingga pujian, serta menjadi sorotan dari jutaan pasang mata.

Masalah tersebut, tentunya juga dirasakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama masa kepemimpinannya di Jakarta dalam menepati janji yang diucapkan ketika kampanye.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai bahwa selama empat tahun menjabat sebagai Gubernur, Anies Baswedan telah menepati janji kampanyenya yang tercantum dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Riza Patria memastikan bahwa janji politik Anies Baswedan akan tuntas pada tahun terakhir masa jabatannya sebagai Gubernur Jakarta.

"Sebagian besar sudah tercapai. Insya Allah satu tahun terakhir kita akan tuntaskan janji yang ada," katanya.

Dilansir dari Antara, Jumat, 15 Oktober 2021, berikut adalah janji kampanye Anies Baswedan:

1. Anies Baswedan menghentikan proyek reklamasi di pesisir utara Jakarta. Semasa kampanye, banyak pihak meragukan janjinya, sebab proyek tersebut sudah terlanjur berjalan meski ada penolakan.

Pada 26 September 2018, Anies Baswedan menerbitkan surat keputusan mencabut izin 13 pulau reklamasi dengan membentuk Badan Koordinasi Pengelolaan Reklamasi Pantai Utara Jakarta melalui Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2018 pada 4 Juni lalu.

2. Resmi meluncurkan program hunian DP Rp0 pada Oktober 2018 yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018 tentang Fasilitas Pembiayaan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

3. Anies Baswedan meneruskan pembangunan Stadion BMW (Jakarta International Stadium) yang tertunda dengan kapasitas 82.000 penonton yang nantinya, dilengkapi apartemen, pusat perbelanjaan hingga terintegrasi dengan moda transportasi.

4. Memasuki dua tahun pemerintahannya, ia terus melakukan sejumlah program. Salah satunya menghadirkan kesejahteraan untuk warga Jakarta melalui lima jenis Kartu Kesejahteraan.

5. Anies Baswedan memasukkan program menata Jakarta pada tahun kedua. Mulai dari menata trotoar lebih nyaman dilengkapi bidang miring dan ubin pemandu, lift untuk ibu hamil, serta lansia dan penyandang disabilitas.

6. Pemasangan CCTV dan pelican Crossing. Trotoar dibuat terintegrasi dengan bus TransJakarta, MRT, serta LRT.

7. Meluncurkan JakLingko untuk integrasi antarmoda di Jakarta yang mengintegrasikan semua jenis moda transportasi seperti angkot, TransJakarta maupun transportasi berbasis rel seperti Light Rail Transit (LRT) dan Moda Raya Transportasi (MRT).

8. Menggratiskan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi Guru, pensiunan ASN, pensiunan TNI/Polri, Pahlawan Kemerdekaan, dan mantan Presiden/Wakil Presiden.

Pada September 2019 sudah ada 19.929 objek pajak yang digratiskan PBB dengan nilai Rp180,4 miliar.

s: pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy