Teroris KKB Lakukan Serangan Fajar, 14 Tentara Gugur Tertembak



IDEANEWSINDO.COM - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan serangan fajar atau subuh menjelang matahari terbit. Akibatnya, sebanyak 14 tentara gugur dan tujuh lainnya luka-luka.

Peristiwa ini terjadi di markas tentarang di Kota Yirgou, Provinsi Sanmatenga, Burkina Faso, Senin (4/10/2021) sekitar pukul 05.00 waktu setempat. 

Sebagian wilayah Kota Yirgou, Provinsi Sanmatenga ini dikuasai gerilyawan jihad yang terkait dengan al-Qaeda dan ISIS. Namun belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan mematikan pada Senin subuh tersebut. 

Sebuah sumber menyebutkan, operasi militer tengah dilakukan untuk memburu dan menemukan para penyerang. Sebab, serangan mematikan terhadap tentara Burkina Faso kerap menjadi di Kota Yirgou.

Pada Juni 2021, Kota Yirgou juga menjadi tempat penyergapan yang dilakukan militan. Saat itu, sebanyak 15 polisi tewas mengenaskan. Personel polisi tiba di kota itu dalam misi bantuan menyusul serangan militan sebelumnya.

Beberapa bulan terakhir, serangan kelompok militan terkait kelompok teroris Al Qaeda dan ISIS telah melonjak di wilayah Sahel Afrika. Ribuan orang tewas dan membuat jutaan orang mengungsi di Burkina Faso, Mali dan Niger. 

Dewan Pengungsi Norwegia (NRC) mengatakan, 480 warga sipil tewas dalam serangan yang dilakukan gerilyawa di Burkina Faso antara bulan Mei-Agustus. Lebih dari 1,4 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Burkina Faso karena serangan tersebut.


s: inews.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy