Mengungkap Misteri Rabu Pon, Hari Kelahiran Jokowi hingga Perombakan Kabinet



IDEANEWSINDO.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering membuat keputusan penting di hari Rabu. Seperti merombak kabinet maupun melantik pejabat seperti Kapolri di Istana Negara. Jokowi sendiri lahir pada Rabu Pon, 21 Juni 1961.

Diketahui, masyarakat Jawa dikenal memiliki banyak pertimbangan sebelum melakukan sesuatu atau bertindak.

Dalam catatan redaksi, Jokowi pernah merombak kabinet besar-besaran pada Rabu, 27 Juli 2016. Setelah itu, Jokowi kembali merombak susunan kabinet pada Rabu, 17 Januari 2018. Saat itu ia juga mengganti posisi Menteri Sosial, Kepala Staf Presiden, menambah anggota Wantimpres dan pelantikan KSAU.

Menariknya lagi, Jokowi juga pernah melakukan pertemuan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Rabu, 22 Mei 2019.

Jokowi juga pernah melakukan reshuffle Kementerian, yang dilaksanakan pada Rabu (23/12/2020). Pengumumannya sendiri diumumkan sehari sebelumnya. Terdapat sejumlah menteri baru yang Jokowi lantik menggantikan posisi menteri sebelumnya.

Mereka adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Yaqut Cholil Quomas sebagai Menteri Agama, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. Uniknya, peristiwa ini terjadi pada hari Rabu Pon.

Setelah itu, Jokowi melakukan reshuffle kabinet Kementerian Kabinet Indonesia Maju, (28/4/2021), tanggal tersebut bertepatan di hari Rabu.

Saat itu, Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Investasi dan Nadiem Makarim diangkat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek).

Selain reshuffle di atas, ada sejumlah peristiwa yang terjadi di hari Rabu semasa Jokowi memimpin. Salah satunya melantik Kapolri baru, Listyo Sigit Prabowo pada Rabu (27/1/2021) di Istana Negara Jakarta. Sigit sendiri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Minggu depan, Jokowi akan melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana. Lantas, apakah Jokowi kembali melakukan keputusan penting di Hari Rabu pekan depan? 

s: okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy