Momen-momen Tak Terduga Jokowi di KTT G20 Italia



IDEANEWSINDO.COM - Momen-momen tak terduga terjadi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT G20 di Roma, Italia. Apa saja momen tak terduga itu?

Beberapa momen diantaranya mulai dari Indonesia terpilih menjadi keketuaan atau Presidensi G20 2022, didoakan pangeran charles hingga sapaan Ratu Maxima.

Berikut momen-momen tak terduga yang dialami Jokowi di KTT G20 Italia

Terima Palu Presidensi G20 dari PM Italia
Indonesia terpilih menjadi keketuaan atau presidensi G20, melanjutkan kepemimpinan Italia. Posisi ini untuk pertama kalinya dipegang oleh Indonesia, dan akan dilakukan pada tahun 2022.

Penyerahan presidensi dilakukan pada sesi penutupan KTT G20 Roma yang berlangsung di La Nuvola pada Minggu, (31/11/2021). Perdana Menteri Italia Mario Draghi secara simbolis menyerahkan palu kepada Presiden Jokowi yang kemudian mengetukkan palu tersebut.

"Saya sampaikan selamat kepada Italia yang telah sukses menjalankan presidensi G20 di tahun 2021. Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan presidensi G20 di tahun 2022," ujar Presiden Jokowi, seperti dalam keterangan Sekretariat Presiden, Senin (1/11/2021).

Presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia dengan tema besar "Recover Together, Recover Stronger." Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

"Upaya tersebut harus dilakukan dengan cara luar biasa, terutama melalui kolaborasi dunia yang lebih kokoh, dan inovasi yang tiada henti. G-20 harus menjadi motor pengembangan ekosistem yang mendorong kolaborasi dan inovasi ini. Hal ini yang harus terus kita perdalam pada pertemuan-pertemuan kita ke depan," jelasnya.

Jokowi secara langsung mengundang para pemimpin dunia yang hadir untuk melanjutkan diskusi pada KTT G20 yang rencananya digelar di Bali pada 30-31 Oktober 2022.

Jokowi Terus Gunakan Masker
Momen Jokowi yang selalu bermasker di hadapan para pemimpin dunia pun menuai sorotan.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (31/10/2021), setelah mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Hotel Splendide Royal, Roma, Sabtu, 30 Oktober 2021, Presiden Jokowi menuju La Nuvola untuk menghadiri KTT G20.

Setibanya di La Nuvola, Jokowi disambut langsung oleh Perdana Menteri Italia, Mario Draghi. Keduanya kemudian berfoto bersama sebelum menuju tempat seluruh ketua delegasi yang hadir melakukan foto bersama.

Pada sesi foto bersama, Jokowi berada di barisan depan tengah, bersama troika lainnya yaitu Italia dan Arab Saudi. Di sebelah kanan Presiden Jokowi berdiri Sultan Hassanal Bolkiah, sementara di belakang Presiden berdiri Kanselir Jerman Angela Merkel dan PM India Narendra Modi.

Jokowi tampak terus mengenakan maskernya saat berbincang dengan para pemimpin negara lain. Jokowi terlihat hanya melepaskan maksernya saat sesi foto dimulai.

Diketahui, usai berfoto bersama, seluruh pemimpin delegasi memasuki ruangan untuk mengikuti sesi working lunch tentang ekonomi dan kesehatan global. Dalam pidato pembukanya, PM Italia Mario Draghi mengatakan bahwa pandemi telah memisahkan semua warga negara dan untuk menjawab tantangan tersebut kerja sama multilateral adalah jawaban terbaik.

Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama pemimpin negara G20 menghadiri pertunjukan kebudayaan sebelum pelaksanaan jamuan makan malam resmi oleh Presiden Italia, Roma, 30 Oktober 2021.

Jokowi juga tampak berbincang bersama sejumlah pemimpin seperti Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, hingga Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Dari foto yang dibagikan, Jokowi juga terus memakai masker saat berbincang dengan para pemimpin tersebut.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa Presiden Jokowi terus memakai maskernya untuk menjaga prokes. Pasalnya, pandemi masih terus ada.

"Tetap menjaga protokol kesehatan karena pendemi masih terus ada," kata Heru saat dihubungi, Minggu (31/10/2021).

Selain itu, Heru mengatakan bahwa kondisi Corona di Italia belum diketahui sejauh apa. Maka dari itu, lebih baik menjaga prokes.

"Kondisi negara Italia kita tidak tahu sejauh mana dampak penularan pandemi Covid-19, sehingga lebih baik menjaga protokol kesehatan," ungkapnya.

Sapaan Ratu Maxima
Tidak hanya itu, terselip momen menarik dalam forum KTT G20 di Roma, Italia. Ratu Maxima dari Belanda terlihat menghampiri Presiden Jokowi dan melepaskan maskernya agar dikenali.

Momen itu terlihat dari video yang diunggah di YouTube G20 Italia seperti dilihat detikcom, Senin (1/11/2021). Momen itu terjadi saat Ratu Maxima hendak menyampaikan pidatonya.

Sejumlah pemimpin di KTT G20 tampak berbincang sebelum pidato Ratu Maxima dimulai. Ratu Maxima awalnya terlihat duduk di tempatnya.

Tak jauh dari kursi Ratu Maxima, Presiden Jokowi terlihat berdiri dan berbincang dengan PM Inggris Boris Johnson. Jokowi tampak didampingi oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ratu Maxima yang melihat Jokowi berada di dekat kursinya, langsung berdiri. Ratu Maxima menghampiri Jokowi dan Boris Johnson.

Ratu Maxima terlihat melambaikan tangannya ke arah Jokowi. Ratu Maxima kemudian melepaskan maskernya agar dikenali Jokowi.

Setelah itu, Jokowi dan Ratu Maxima tampak berbincang sebentar. Jokowi terlihat tertawa saat bertemu Ratu Maxima. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pidato dari Ratu Maxima.

Didoakan Pangeran Charles
Tak hanya Ratu Maxima, momen menarik juga datang saat Pangeran Charles dari Inggris tiba-tiba mendoakan Presiden Jokowi.

Pangeran Charles mulanya menyampaikan terima kasihnya kepada Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, yang merupakan Ketua G20 tahun 2021. Pangeran Charles berterima kasih lantaran Draghi menjadikan perubahan iklim sebagai isu penting di G20.

"Itulah kenapa Perdana Menteri, saya sangat berterima kasih kepada anda karena mengenali kebenaran sentral ini dan untuk membawa mereka masuk, memberi mereka tempat duduk di meja yang paling penting ini, sehingga perubahan iklim dapat ditangani dalam kemitraan," tutur Pangeran Charles dalam pidatonya yang disiarkan melalui YouTube G20 Italy, Senin (1/11/2021).

Setelah menyampaikan terima kasihnya kepada PM Italia, Pangeran Charles kemudian mendoakan Jokowi. Pangeran Charles mendoakan kesuksesan Jokowi, terutama terkait Presidensi G20 tahun 2022.

"Inilah kenapa saya juga mendoakan Presiden Widodo sukses di setiap langkahnya, ketika Anda (PM Mario Draghi) meneruskan perjuangan kepadanya (Jokowi) dalam sebulan ke depan," ujar Pangeran Charles.

s: news.detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy