Bikin Nangis, Seluruh Rakyat Timor Leste Anggap Mantan Presiden Indonesia Ini Pahlawan, Dubes: Dari Kota Sampai Hutan Mereka Berterima Kasih



IDEANEWSINDO.COM - Timor Leste yang baru saja dapat rezeki nomplok menjadi perhatian netizen.

Mengutip dari Tribunnews.com, eksploitasi minyak lepas pantai Timor Leste oleh Australia akan kembali dilakukan atas kesepakatan kedua belah pihak.

Perusahaan migas Australia, Santos, menjadi salah satu perusahaan yang akan melakukan pengeboran minyak di lapangan Bayu-Undan.

Pengeboran disepakati dalam kerjasama senilai 235 juta Dollar AS Januari 2021 lalu.

Namun di tengah kebahagiaan itu, negara Timor Leste bisa mulai pembangunannya berkat sosok mantan Presiden Indonesia, BJ Habibie.

Bak pahlwalan bagi rakyat Timor Leste, negara itu membuat jembatan untuk mengenang jasa-jasanya.

Jembatan BJ Habibie di Kota Dili , kini menjadi bentuk cinta dan hormat rakyat Timor Leste kepada Presiden ketiga Indonesia.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos pada 2019 lalu.

"Sebagai rasa hormat dan sayang rakyat Timor Leste kepada pak Habibie, kami membangun sebuah jembatan yang diberi nama Jembatan Bj Habibie," kata Dubes Albero, dikutip Suar.ID dari laman Antaranews.

Memiliki panjang 540 meter, dengan lebar 8 meter, Jembatan BJ Habibir terdiri atas dua jalur.

Untuk membangun jembatan besar tersebut, pemerintah Timor Leste bahkan menghabiskan dana hingga 3,9 juta dolar AS atau setara dengan Rp 57,5 miliar.

Jembatan BJ Habibie terletak di Desa Bidau Sant'ana, Dili diresmikan pada 29 Agustus 2019 lalu, tepat satu hari sebelum peringatan 20 Tahun Referendyum Timor Leste.

Dubes Alberto mengungkapkan, jika pada saat peresmian Jembatan BJ Habibie di Kota Dili tersebut pada awalnya diharapkan untuk dihadiri langsung oleh Presiden ketiga Republik Indonesia.

Bahkan undangan untuk Habibie disampaikan langusng oleh mantan Presiden Timor Leste Xanana Gusmao yang berkunjung ke Jakarta pada Juli 2019 lalu.

Namun, disayangkan undangan itu tak dapat dipenuhi oleh Habibie lantaran tengah terbaring di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Merasakan kesedihan yang amat dalam melihat kondisi BJ Habibie yang sedang terbaring lemah di rumah sakit, dalam pertemuan singkat itu Xanana sampaikan rasa hormat dan sayang rakyat Timor Leste kepada sang Presiden ke-3 RI.

"Seluruh rakyat Timor Leste dari ujung ke ujung, dari kota ke hutan sampai ke pedalaman, mereka berterima kasih kepada Pak Habibie," ungkap Dubes Alberto.

s: grid.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy