Geger Sumur Resapan di DKI: Jalan Rusak, Diaspal, Kini Jebol



IDEANEWSINDO.COM - Sebuah sumur resapan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, jebol usai diaspal. Sumur resapan itu jebol saat dilintasi mobil.

Ternyata persoalan mengenai sumur resapan ini datang silih berganti. Berikut detikcom merangkum permasalahan sumur resapan yang terjadi beberapa hari kebelakang:

1. Jalan Rusak
Salah satu sumur resapan yang ramai disorot adalah di Jalan Lebak Bulus III, Jakarta Selatan. Pada 30 November 2021, nampak sumur-sumur resapan dibangun berderet di Jl Lebak Bulus III, Cilandak, Jakarta Selatan.

Posisi sumur resapan berada di badan jalan. Permukaan jalan menjadi rusak, retak, dan berbahaya bila dilintasi kendaraan, terlebih kendaraan roda dua.

"Jelas bahaya, soalnya kan ini jalanan bagus, jadi orang kadang ngebut di sini. Terus ini kan retak terus jelek, bahaya juga. Soalnya kadang mobil atau yang lain nggak mau ngenain lobang ini jadi mepet ke arah sana," kata warga sekitar bernama Ilham saat ditemui detikcom di lokasi, Selasa (30/11/2021).

Adanya keluhan itu, Dinas SDA DKI memutuskan untuk membuat permukaan tutup sumur resapan sama rata dengan jalan. Sehingga tak mengganggu pengguna jalan.

"Kemarin sudah saya sampaikan ke pelaksananya. Sudah saya minta untuk segera ditindaklanjuti," kata Kepala Sudin SDA Jaksel, Mustajab, kepada detikcom, Rabu (1/12).

2. Diaspal
Pemprov DKI kemudian mengaspal permukaan sumur resapan itu. detikcom memantau pada Jumat (3/12) lalu, terpantau sumur-sumur resapan di Jl Lebak Bulus III ini sudah tak terlihat lagi. Ruas jalan ini sudah diaspal hingga penutup sumur tertutup lapisan jalan.

Lubang-lubang air di atas sumur resapan tak semuanya tersedia. Sebagian memang ada lubang, ukuran lubangnya sebesar lingkaran jari orang dewasa. Ada enam lubang dalam satu kumpulan.

"(Lubang air) dipinggirkan, nanti dibuat mulut-mulut airnya," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan, Mustajab, saat dihubungi, Jumat (3/12).

Pada Sabtu (4/12) kemarin, detikcom memantau kembali ke lokasi yang sama. Petugas-petugas proyek sedang mengebor aspal baru itu, membuat lubang tambahan di atas sumur resapan yang kini sudah tak terlihat lagi secara sekilas.

3. Kritik Mencuat
Kritik pun mencuat. Salah satu kritik datang dari Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta. Fraksi PDIP DPRD DKI menyebut sumur resapan yang kemudian diaspal di Jl Lebak Bulus III, Jakarta Selatan itu proyek asal-asalan.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono mengatakan sudah melihat lokasi tersebut dan mengaku geram dengan pelaksanaan proyek tersebut.

"Iya emang itu proyek asal-asalan kok, saya sudah cek ke lokasi itu, saya tahu itu yang di Lebak Bulus," katanya saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/11).

4. Jeblos Dilintasi Mobil
Seorang warga bernama Arnold Mamesah melaporkan peristiwa ini ke Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Dinas Sumber Daya Air Jakarta, hingga ke Gubernur Anies Baswedan via Twitter.

Terlihat, ada satu mobil berwarna putih terperosok ke lubang sumur resapan itu. Satu mobil menyangkut di lubang.

Lapisan atas sumur resapan itu jebol. Terlihat tiang beton juga luluh lantak ambles ke bawah. Arnold Mamesah menyebut ini sebagai tragedi.

"Tragedi: fakta setelah bak kolam resapan modular di Bona Indah Lebak Bulus jaksel ditutup aspal, terjadi drama (seperti) pada foto akibat kualitas pekerjaan dan pengawasan sembrono," cuit Arnold.

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta juga merespons laporan Arnold. Dinas SDA menyampaikan terima kasih atas laporannya. Perbaikan sedang dilaksanakan di lokasi. Dinas SDA meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.

detikcom Do Your Magic kemudian menyambangi lokasi itu, di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Rabu (8/12) malam. Kebetulan, Arnold ada di lokasi dan menjelaskan kondisi ini.

"Itu kejadian sekitar jam 11.30 WIB tadi. Ada mobil warga sini lewat, kejeblos. Itu karena proyek ini belum layak dibuka tapi tidak ada tanda yang jelas, jadi dilewati oleh mobil," kata Arnold kepada detikcom.

"Kami angkat bodi mobilnya sedikit, selamat. Nggak parah, kok," kata Arnold.

Diberi Tiang
Terlihat, sisa-sisa puing tutup sumur resapan yang jebol sudah diangkat dari lubang itu. Lubang sumur resapan ini sedalam sekitar 1 meter. Ada pipa di tengahnya. Ada dua sumur resapan di sini.

Dua lubang itu belum ditutup beton, melainkan masih ditutup tripleks tebal meski tidak rapat. Supaya tidak ada lagi kendaraan yang terperosok di sini, ada tiang bambu yang dipasang warga di lubang sumur resapan. Tiang bambu itu juga diberi karung di ujungnya supaya lebih jelas terlihat.

Penjelasan Pemprov DKI
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faisal menjelaskan jebolnya sumur resapan di Lebak Bulus dan membuat mobil terperosok. Padahal, salah satu kontraktor di tempat lain berujar sumur resapan mampu menahan beban truk kontainer. Kenapa sumur resapan yang di Lebak Bulus bisa jebol dilintasi mobil?

"Sumur resapan modular itu masih dalam kondisi belum selesai. Sudah dirundingkan dengan warga, malam ini sedang ditangani," kata Yusmada kepada detikcom, Rabu (8/12/2021).

Lokasi sumur resapan, atau lebih tepatnya bak kolam resapan modular, yang membuat mobil terperosok itu ada di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus Jakarta Selatan.

"Sumur resapan di jalan itu harus kuat menahan beban. Itu jebol karena betonnya baru berusia tiga hari, begitu menurut vendornya (kontraktor)," kata Yusmada.

Dia menjelaskan sumur resapan itu masih belum selesai dikerjakan, namun ternyata dilindas mobil. Jebol jadinya. Dia meminta tanggung jawab kontraktor penggarap.

s: detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy