Jokowi Harus Bersuara? Harta Kekayaan Pribadi Kaesang, Bukan Urusan Publik



IDEANEWSINDO.COM - Harta kekayaan Kaesang anak bungsu nya presiden Joko Widodo (Jokowi) dilirik oleh Publik saat ini.

Kekayaan yang dimiliki oleh anak bungsunya presiden Jokowi bernilai miliaran, dan salah satu Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak perlu terseret terkait permasalahan putra bungsunya, Kaesang Pangrep, yang sedang diperbincangkan publik.

Pengamat politik Dedi Kurnia Syah angkat suara terkait diliriknya harta kekayaan yang dimiliki oleh putra bungsu presiden.

"Kaesang telah memborong saham PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) sebesar Rp 98 miliar atau sekitar 8 persen dari total keseluruhan saham perusahaan makanan beku berbasis udang". Kata Dedi yang dilansir dari Warta ekonomi

Lanjutnya Dedi, Selama tidak ada persoalan terhadap harta kekayaan Presiden secara pribadi, maka tidak ada alasan untuk mendesak agar terbuka pada publik," ujar Dedi kepada GenPI.co, 18 Desember 2021

Dedi menganggap, wajar apabila publik bertanya-tanya perihal harta kekayaan Kaesang yang berlimpah dalam disituasi pandemi Covid-19.

Dalam situasi pandemi Covid19 publik merasa kaget jika Presiden merupakan keluarga kaya raya mengingat sejauh ini mencitrakan diri sebagai kelompok masyarakat biasa " publik tidak usah kaget" katanya.

Pasalnya, menurut Dedi, selama ini presiden merupakan sosok yang biasa saja, tidak bergelimang harta, dan merakyat di hadapan publik. Akan tetapi dirinya merasa bahwa Jokowi tidak perlu ambil pusing dan ikut dalam permasalahan anaknya.

Kaesang dalam pandangan Dedi, bukanlah seorang pejabat yang wajib memberi laporan kepada LHKPN.

"Kaesang bukan pejabat publik yang miliki kewajiban melaporkan harta kekayaan, semestinya tidak perlu dia diperiksa," ujar Dedi.

"Presiden secara etis tidak perlu menjelaskan kondisi perihal kepentingan keluarga," tandas lanjutnya.

Selain itu, Dedi juga berpendapat bahwa Presiden Jokowi tidak perlu repot-repot menjelaskan soal harta yang dimiliki Kaesang

Sebab, menurutnya, hal tersebut adalah ranah pribadi Kaesang.

s: pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy