Kondisi Semeru Hari Ini Lebih Tenang, Visual Terlihat Jelas



IDEANEWSINDO.COM - Gunung Semeru hari relatif lebih tenang dibanding kemarin lusa. Tak ada erupsi yang terpantau hingga saat ini.

Secara visual Gunung Semeru terlihat jelas. Sejak pukul 00:00 WIB-06:00 WIB, kondisi cuaca di Semeru cerah dengan kegempaan hembusan jumlah 5 kejadian, amplitudo 2 - 7 milimeter, durasi 30 - 85 detik.

"Untuk tektonik jauhnya 4 kali, kejadian amplitudonya 2 - 22 milimeter, S-P 20 - 24 detik dengan durasi 33 - 147 milimeter," ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto kepada detikcom, Sabtu (18/12/2021).

Liswanto menyebut status Gunung Semeru masih berada pada level III atau siaga. Rekomendasi untuk warga adalah:

1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak itu, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

2. Tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Semeru karena rawan terhadap lontaran batu (pijar).

3. Mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lebah yang berhulu di puncak Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan

s: news.detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy