Mengenal Ucu Kambing, Jawara Betawi Pernah Kalahkan Hercules Kuasai Tanah Abang



IDEANEWSINDO.COM - Ucu Kambing, dikenal sebagai jawara sekaligus tokoh Betawi yang sempat menguasai Tanah Abang. Bahkan Ucu juga mendapatkan julukan sebagai panglima perang Betawi Tanah Abang.

Tak disangka, Ucu dulu pernah rebutan kekuasaan dengan para preman Tanah Abang, termasuk Hercules. Akhirnya Tanah Abang pun dapat dikuasainya.

Belum lama ini, Ucu menceritakan pengalamannya saat menjadi penguasa Tanah Abang. Berikut ulasannya.

Selamatkan Tanah Abang dari Peluru Nyasar

Sebelum terjadinya perebutan kekuatan antar kelompok di Tanah Abang, Ucu Kambing sudah memiliki peranan penting. Ia bersama pemuda lainnya berhasil membebaskan kawasan Tanah Abang dari peluru nyasar.

Pria dengan nama asli Muhammad Yusuf Muhi sudah berkiprah sejak lama dalam menjaga Tanah Abang, tepatnya setelah berlangsungnya peristiwa 30 September 1965 yang menewaskan sederet nama jenderal TNI Angkatan Darat.

"Saya ikut mimpin, ikut saya mimpin. Cuman waktu itu pemimpin kita namanya matpestol. Itu waktu itu saya gempur sampai ke Jawa. Saya berantas, PKL Tanah Abang saya yang ngelibas habis," papar Ucu Kambing seperti nampak dalam tayangan laman Youtube Secret Story Trans 7.

Jaga Tanah Abang sampai Tak Tersentuh Rusuh Peristiwa Mei 98
Pada tahun 1998, Indonesia sempat dilanda krisis moneter. Kerusuhan pun terjadi di mana-mana, khususnya Ibu Kota DKI Jakarta.

Namun saat itu Tanah Abang adalah salah satu kawasan yang sama sekali tak tersentuh kerusuhan. Hal ini berkat Ucu Kambing dan para rekannya menjaga pintu-pintunya.

Ucu juga mengaku meski ia sudah melakukan penjagaan ketat serta berhasil membebaskan kawasan Tanah Abang dari kerusuhan, dia sama sekali tak mendapatkan apresiasi dalam bentuk apapun.

"Dimana-mana terjadi (kerusuhan), cuma Alhamdulillah di Tanah Abang doang enggak. Kita jaga bentengan sama anak-anak, tapi enggak dapat apa-apaan. Enggak ada itu," lanjut  dia.

Kalahkan Hercules sampai Menyingkir dan Dirikan IKBT

Ucu Kambing juga pernah mengalahkan pasukan Hercules. Ia berhasil menyingkirkan Hercules dari Tanah Abang.

Setelah itu ia mendirikan Ikatan Keluarga Besar Betawi Tanah Abang atau disingkat IKBT. Ikatan ini dipercaya sebagai pengola jasa keamanan di Tanah Abang sampai ujung Jakarta Barat.

Bahkan Ucu juga sempat mengadang pasukan Berani Mati yang akan datang ke Jakarta menjelang pelengseran Presiden Abdurahman Wahid di tahun 2001.

Jamin Tak Pernah ada Preman

Ia berani menjamin semenjak dirinya menguasai Tanah Abang, akan bebas dari premanisme. Ucu mengatakan jika ditemukan preman akan segera dipanggil untuk melakukan pembinaan bukan dimusuhi.

"Saya bina, bukan saya musuhin. Gitu. Kenapa lo bisa begini? Lapar bang. Ya sudah kasih kerjaan," papar Ucu bercerita.

"Lu sudah gua kasih kerjaan masih jadi preman gua matiin lo," tegas Ucu Kambing.

s: merdeka.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy