Miss Universe 2021 Terselenggara di Israel, Miss Universe Filipina Dikecam karena Pakai Baju Adat Palestina



IDEANEWSINDO.COM - Kontes kecantikan Miss Universe 2021 di Israel resmi berakhir dengan penobatan wakil India Harnaaz Sandhu sebagai pemegang terbaru mahkota. Ajang ini memunculkan sejumlah kontroversi bahkan sebelum terselenggara, seperti pengunduran diri wakil dari beberapa negara, termasuk Indonesia dan Malaysia, karena berlangsung di Israel.

Kontroversi lainnya dilakukan Miss Universe Filipina, Beatrice Luigi Gomez. Ia dikecam setelah mengunggah foto sedang mengenakan pakaian tradisional Palestina saat berkunjung ke sebuah daerah di Israel.

Beatrice mengungggah foto dirinya di Instagram yang tengah menyiapkan makanan dan mengenakan pakaian tradisional Palestina  bersama beberapa kontestan lain. Namun, ia menulis tagar #VisitIsrael, tanpa menyebut kata Palestina.

Unggahan pada 5 Desember 2021 itu kemudian menuai kecaman dari sejumlah pengguna media sosial. Penampilan Beatrice dinilai sebagai pencurian budaya.

"Penyelenggara Miss Universe di Israel dan kontestan memanfaatkan budaya Palestina, tanpa pengakuan dari ratusan generasi Palestina yang mewariskan identitas budaya ini," komentar seorang warganet.

Beberapa orang menuduh ajang Miss Universe dan para kontestannya "menghapus kolonialisme" dan menyebut Israel mencoba "mencuri segala sesuatu yang berhubungan dengan Palestina."

Dilansir dari The New Arab, Senin (13/12/2021), penyelenggara berharap ajang tersebut akan mempromosikan Israel sebagai tujuan wisata, walau para aktivis menyerukan untuk memboikot kontes tersebut atas pelanggaran hak asasi manusia Israel terhadap orang Palestina.

s: liputan6.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy