PDIP Siap Usung Gibran Rakabuming untuk Gantikan Anies Baswedan? Begini Faktanya



IDEANEWSINDO.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dikabarkan siap usung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk gantikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Di dalam informasi yang beredar, disebutkan alasan PDIP siap usung Gibran Rakabuming untuk gantikan Anies Baswedan adalah karena elektabilitas putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu semakin mencuat.

Informasi siap diusungnya Gibran Rakabuming oleh PDIP itu beredar setelah kanal YouTube Skema Politik unggah video berjudul "MAKIN MONCER !! PDIP SIAP USUNG GIBRAN ~ BREAKING NEWS" pada Senin, 6 Desember 2021.

Pada saat artikel ini ditulis, video terkait PDIP yang siap usung Gibran Rakabuming tersebut sudah ditonton hingga 28.767 kali dan disukai 350 kali.

Pada thumbnail video, terlihat potret seseorang yang diklaim sebagai Gibran Rakabuming tengah mencium tangan Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"ELEKTABILITAS MAKIN MENCUAT

MEGA USUNG GIBRAN GANTIKAN ANIES," bunyi narasi pada thumbnail video, sebagaimana dikutip SeputarTangsel.Com dari kanal YouTube Skema Politik pada Selasa, 7 Desember 2021.

Namun setelah dilakukan penelusuran, klaim yang mengatakan bahwa PDIP siap usung Gibran Rakabuming gantikan Anies Baswedan adalah tidak benar.

Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid terkait hal tersebut.

Di dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak terkandung informasi seperti apa yang diklaim pada judul.

Video tersebut hanya berisi komentar sejumlah tokoh terkait politik Gibran.

Selain itu, foto yang digunakan pada thumbnail video merupakan hasil editan. Versi asli foto tersebut diambil ketika Jokowi mencium tangan Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan analisa di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim yang beredar adalah hoaks.

Video itu termasuk jenis fabricated content, di mana seratus persen isinya tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, nama Gibran memang sempat menjadi perhatian publik ketika dirinya mulai didorong untuk maju pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024 mendatang.

Salah satunya datang dari Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Dia menyatakan siap untuk dukung kakak dari Kaesang Pangarep itu dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

s: pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy