Sumur Resapan Lebak Bulus Diaspal, Pemprov Pindahkan Lubang Air ke Tepi Jalan



IDEANEWSINDO.COM - Penutup sumur resapan di Jl Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, kini diaspal. Selanjutnya, Pemprov DKI Jakarta akan memindahkan lubang tempat air masuk di tepi jalan.

"(Lubang air) dipinggirkan, nanti dibuat mulut-mulut airnya," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan Mustajab saat dihubungi, Jumat (3/12/2021).

Sedangkan kegiatan pengaspalan sudah dilakukan sejak kemarin (2/12) malam. Mustajab mengatakan penyedia layanan hanya ingin mengaspal area di sekitar penutup sumur resapan.

Setelah mempertimbangkan struktur jalan, akhirnya pengaspalan dilakukan di sepanjang Jl Lebak Bulus III.

"Waktu itu penyedianya minta separuh. kalau separuh nanti beda tinggi, Pak, nanti malah kecelakaan. Sudah (akhirnya) di layer semua," terangnya.

Mustajab memastikan pemindahan lubang serapan air ke pinggir jalan segera dilakukan. Dia juga menjamin kinerja sumur resapan tidak akan terganggu karena jalan diaspal.

"Kalau nanti penyedianya ini kerjaannya oleh dinas. Saya mintanya itu secepatnya (dipindah)," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Jl Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, sempat rusak gara-gara pembuatan sumur resapan. Kini permukaan jalan tempat sumur resapan sudah ditutup aspal semua.

detikcom Do Your Magic memantau Jl Lebak Bulus III, Jakarta Selatan, Jumat (3/12/2021). Permukaan aspal di lokasi badan jalan yang semula rusak gara-gara tutup sumur resapan kini mulus. Aspal terlihat berwarna gelap, tanda masih baru.

Fungsi sumur resapan adalah menyerap air agar tidak ada genangan atau banjir, sehingga air yang masuk ke sumur resapan bisa diteruskan sampai ke lapisan tanah yang mampu menyerap air. Supaya air di jalanan bisa masuk ke sumur resapan, tentu butuh lubang.

Namun kini tutup sumur resapan sudah diaspal. Masih adakah lubang-lubang itu?

Berdasarkan pantauan detikcom, sebagian tutup sumur resapan yang sudah diaspal tidak lagi terdapat lubang air di badan jalan.

Lokasi sumur resapan yang diaspal dan kini tanpa lubang air di atasnya ada di dekat Gereja Jemaat Sumber Kasih, di dekat Perumahan Town Dahlia House, dan di dekat Winville Residence.

Namun, di lokasi yang sama, ada pula yang diberi lubang meski sudah ditutup aspal. Lubang di atas aspal ini berdiameter sejempol orang dewasa. Jumlahnya ada enam lubang kecil-kecil. Tak ada kendala yang berarti yang dirasakan roda sepeda motor ketika melintasi lubang ini, lantaran lubang ini cukup rata tanpa gundukan atau cekungan.

s: detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy