Teror KKB Mengganas, Perwira Terbaik Kopassus Kirim Prajurit ke Papua



IDEANEWSINDO.COM - Komandan Rindam XII/Tanjungpura Kolonel Inf Lucky Avianto melepas enam anggotanya untuk melaksanakan tugas penebalan satuan BKO teritorial Gelombang III ke wilayah Kodam XVII/Cenderawasih, Papua. Pulau ujung timur Indonesia ini menghadapi berbagai tantangan, salah satunya gangguan keamanan dari teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Lucky, prajurit Kopassus yang merupakan lulusan terbaik Akademi Militer 1996 ini menuturkan, tugas operasi merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi seorang prajurit. Dengan kata lain, hanya prajurit-prajurit terhormat dan terpilih yang dipercaya oleh satuan, bangsa dan negara untuk melaksanakan tugas operasi.

“Oleh karena itu, saya dan seluruh warga Rindam XII/Tpr mengucapkan selamat kepada enam prajurit terbaik Rindam XII/Tpr yang dipercaya untuk mengemban tugas mulia ini,” ujar Lucky, dikutip dari situs laman resmi TNI AD, Minggu (4/12/2021).

Dalam keterangan tertulis penerangan Rindam, acara pelepasan enam Prajurit Rindam XII/Tpr yang terdiri atas 2 Perwira, 2 Bintara dan 2 Tamtama tersebut digelar di koridor Mako Rindam, Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (1/12/2021). Selain Danrindam, hadir pula seluruh pejabat utama Rindam XII/Tpr.

Lucky yang juga lulusan terbaik Dikreg Seskoad Angkatan XLIX TA 2011 dan lulusan terbaik Dikreg XLVI Sesko TNI TA 2019 berpesan agar seluruh prajurit senantiasa menjaga nama baik satuan dan nama baik TNI AD. Selain itu, selalu waspada serta menjaga keamanan dan kepercayaaan yang telah diberikan oleh Bangsa dan Negara ini.

“Selalu lindungi diri kalian dengan ibadah dan doa sesuai agama masing-masing agar mendapat ridho Tuhan Yang Maha Esa supaya diberikan kelancaran dan keselamatan selama bertugas hingga nanti kembali ke Rindam XII/Tpr,” ucapnya. Baca: Beredar Video TPNPB Akui Bakar Perusahaan Kayu di Maybrat Papua Barat.

Tugas BKO bagi prajurit-prajurit Rindam ke wilayah lain, terutama daerah perbatasan maupun kawasan rawan gangguan kemanan merupakan hal biasa. Tugas BKO sekaligus menjadi tour of duty bagi prajurit untuk meningkatkan kemampuan.

Papua menjadi salah satu wilayah tujuan prajurit BKO dari berbagai satuan. Selain menjaga perbatasan, ada prajurit yang dilibatkan untuk memburu KKB.

Baru-baru ini kelompok separatis dan teroris itu semakin agresif menebar teror. Seperti terjadi Jumat (3/12/2021) siang kemarin. Pos Koramil Persiapan Distrik Suru-suru ditembaki KKB. Dua prajurit TNI yang sedang mengambil air di bak penampungan mendadak diberondong tembakan. Baca Juga: Gudang Minyak Ilegal di Dekat Gerbang Tol Palindra Terbakar Hebat.

Dalam kejadian itu, Serda Putra Rahaldi dilaporkan meninggal dunia, sementara Praka Suheri menderita luka tembak pada bagian pinggul sebelah kiri.

s: sindonews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy