Tinjau Lokasi di Ancol, Komisi B DPRD Kaget Biaya Formula E hanya Rp100 Miliar



IDEANEWSINDO.COM - Komisi B DPRD meninjau lokasi trek Formula E di Ancol Jakarta Utara. Politikus PDIP Pandapotan Sinaga mempertanyakan, biaya yang hanya akan menghabiskan biaya sekira Rp100 miliar.

"Perencanaan formula yang mengeluarkan Dana sebegitu besar untuk apa, makanya saya terkejut, kalau hanya 100 miliar?" katanya, di Ancol, Jakarta Utara, Rabu, 29 Desember 2021.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga, Sutikno, politikus PKB. Ia menyebut, jangan sampai pamangkasan biaya ini terkesan memaksakan penyelenggaraan Formula E.

"Ini anggaran diperkecil seakan-akan formula E yang penting tercapai saja," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan PT Jakarta Propertindo, Gunung Kartiko menuturkan, memangkas biaya tersebut untuk pra-event.

"Sekarang Kita pangkas acara pra event sehingga Kita benar benar untuk mandatory pelaksanaan, sekitar Rp150 miliar," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Ahmad Sahroni menyebut, penyelenggaraan Formula E Jakarta Championship 2022 digelar tanpa menggunakan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Menurutnya seluruh biaya penyelenggaraan Formula E akan memanfaatkan dana dari sponsor. Namun ia belum bisa merinci, apa saja sponsor yang akan terlibat pada penyelenggaraan Formula E nanti.

Ada pun total biaya yang dibutuhkan, Ahmad Sahroni menjelaskan, penyelenggaraan Formula E Jakarta akan menghabiskan dana sekitar Rp100 miliar.

Dana ini sudah termasuk dengan pembangunan jalur hingga lokasi keseluruhan serta tribun penonton.

Sementara dampak ekonomi penyelenggaraan Formula E Wordchampionship 2022 akan mencapai £78 juta atau sekitar Rp1 triliun.

"Jadi semuanya dana yang dibutuhkan sekitar Rp100 miliar," ujarnya.

s; pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy