Varian Omicron Terdeteksi di RI, Ini Jenis Masker yang Disarankan Ahli



IDEANEWSINDO.COM - Kemenkes baru saja mengumumkan bahwa varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia. Satu kasus ditemukan pada pekerja RS Wisma Atlet dan lima kasus lainnya yang masih probable.

WHO menyebutkan varian Omicron atau Corona B.1.1.529 yang pertama kali ditemukan di Afrika ini memang salah satu varian COVID-19 yang mudah bermutasi sehingga bisa menular lebih cepat.

Untuk menyikapi hal ini masyarakat Indonesia tetap harus waspada dan mematuhi protokol kesehatan terkhususnya dalam penggunaan masker. Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), FISR, FAPSR, menyarankan masker yang masih efektif menangkal varian baru Corona seperti varian Omicron.

"Semua balik ke tujuan penggunaan maskernya, kalau untuk masyarakat sehari-hari cukup dengan penggunaan masker bedah dengan masker kain," jelas dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), kepada detikcom yang dikutip pada Kamis (16/112/2021).

dr Agus juga menjelaskan bahwa masyarakat yang melakukan aktivitas sehari-hari dapat menggunakan double mask untuk menghindari resiko besar terpapar virus. Sedangkan para medis wajib menggunakan masker N95 sebab memiliki tingkat filtrasi yang lebih tinggi.

"Kalau masker bedah dan masker kain hanya memfiltrasi kurang dari 70 persen partikel sehingga tidak cocok untuk penggunaan medis. Tapi kalau untuk masyarakat disarankan menggunakan double mask," ujar ahli paru yang berpraktik di RSUP Persahabatan.

Lalu bagaimana masker KN95 dan KF94 apakah lebih bagus?
"Sebenarnya sama saja antara KN95 dan KF94, yang penting bisa memfiltrasi partikel kurang dari 2,5 mikron," jelas dr Agus.

Sedangkan menurut Centers for Disease Control (CDC) keduanya memang memiliki standar keamanan yang tinggi. Tetapi jenis masker apapun yang termasuk N95, KN95, dan KF94 tetap bisa digunakan agar terhindar dari Covid-19 termasuk varian Omicron.

Selain itu masyarakat tetap bisa menggunakan masker biasa asalkan memenuhi standarisasi berikut:

Memiliki dua lapisan atau lebih bahan
Dapat mencakup hidung dan mulut
Pas di wajah tanpa ada celah
Memiliki kawat hidung untuk mencegah udara yang masuk dari bagian atas masker

s: detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy