Cek Fakta: Presiden Jokowi Dikabarkan Resmi Copot Gus Yaqut Sebagai Mentri Agama Hari Ini



IDEANEWSINDO.COM - Belakangan ini beredar kabar yang cukup menghebohkan yakni mengenai Gus Yaqut yang dicopot sebagai Mentri Agama Oleh Presiden Jokowi.

Kabar mengenai dicopotnya Gus Yaqut tersebut ramai beredar di Platform Facebook dan Youtube.

Kabar tersebut tentunya membuat masyarakat cukup tekejut dan heran, pasti banyak yang bertantanya-tanya apa sebenarnya alasan Presiden Jokowi mencopot Gus Yaqut sebagai Mentri Agama.

Berita dicopotnya Gus Yaqut berawal dari unggahan video di Facebook yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi resmi mencopot Mentri Agama Yaqut Cholil Quomas atau biasa di sapa Gus Yaqut.

Video tersebut berisi narasi :

“Tepat Hari Ini !! Jokowi Resmi Copot Menag”

Namun Benarkah Mentri Agama resmi dicopot oleh Presiden Jokowi?

Mari kita telusuri apakah berita tersebut benar atau tidak.

Agar informasi yang belum jelas kebenarannya tidak menyebar ke masyarakat dan tidak terjadi simpang siur informasi.

Sampai saat ini video yang disebarkan kembali oleh akun Facebook Persaudaraan tersebut telah ditonton sebanyak 15 ribu kali.

Sumber asli video tersebut sebenarnya berasal  dari platform Youtube yang diunggah oleh Channel bernama Roda Politik, namun ramai dibagikan di Facebook.

Video tersebut merupakan gabungan video-video dari Menag, Yaqut dan beberapa tokoh lain yang telah disunting.

Beberapa diantaranya video tentang pernyataan Menag, Yaqut yang menyatakan bahwa Kementerian Agama adalah hadiah bangsa ke NU, sementara yang lain adalah tentang kabar larangan haji dan dana haji.

Dari penelusuran di video tersebut, ternyata terdapat kejanggalan dan ketidakkonsistenan antara judul dan isi video.

Jika melihat isi video secara keseluruhan, tidak terdapat pernyataan resmi dan jelas mengenai informasi pencopotan Menag Yaqut oleh Presiden Jokowi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi atau berita yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi Mencopot Mentri Agama Yaqut Cholil Quomas adalah berita bohong dan menyesatkan.

Faktanya tidak ada pernyataan resmi di dalam video yang menyebutkan bahwa Presiden Jokowi mencopot Menteri Agama,Yaqut Cholil.

s; pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy