Sisi Lain Amien Rais yang Jarang Diketahui Publik



IDEANEWSINDO.COM - Amien Rais dikenal publik sebagai seorang politisi senior yang kerap kritis kepada pemerintah. Namun, di balik sikapnya tersebut, ada sisi lain yang jarang diketahui masyarakat luas.

Amien Rais adalah ketua Majelis Syura Partai Ummat . Sebelumnya, Amien mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN) pada era Reformasi 1998 dan pernah memimpin langsung partai tersebut sebagai ketua umum.

Selain sebagai politisi, Amien Rais juga dikenal sebagai tokoh agama. Pria kelahiran Surakarta,26 April 1944 ini memimpin PP Muhammadiyah pada 1995-1998.

Di balik sikap kritis Amien terhadap penguasa dari masa ke masa, ada sisi lain dari suami Kusnasriyati Sri Rahayu tersebut. "Pak Amien Rais sangat memperhatikan wong cilik," kata Wakil Ketua Umum Partai Ummat Chandra Tirta Wijaya kepada SINDOnews, Jumat (4/2/2022) malam.

Chandra menceritakan, sepengetahuan dirinya selama mengikuti perjalanan Amien Rais bertahun-tahun, Tokoh Reformasi tersebut selalu memberi sedekah/hadiah kepada masyarakat yang kurang mampu, para pekerja seperti satpam, tukang parkir, porter, office boy, dan lain-lain yang ditemui di mana saja.

"Uniknya biasanya tidak langsung dikasih, ada yang ditanya dulu, misalnya sebutkan tiga nama Nabi/Rasul. Sebutkan Rukun Islam. Sebutkan Rukun Iman, atau berapa rakaat Salat Magrib," papar Chandra.

Mantan anggota DPR RI ini menceritakan, Amien Rais juga punya cara tersendiri saat memberikan hadiah tersebut. Misal, dengan meminta orang yang ingin diberinya hadiah itu melihat atau menuju jendela. "Ternyata di jendela tersebut ada hadiah yang telah diselipkan oleh Pak Amien," kata Chandra.

Chandra juga menceritakan, pernah satu kali di sebuah bandara office boy yang melayani Amien Rais tiba-tiba ditanya tentang Rukun Islam ada berapa. "Meski kaget, dijawab 5," kata Chandra.

s: sindo-news.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy