Buka Suara Suharso Monoarfa soal Gugat Cerai Nurhayati Effendi



IDEANEWSINDO.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa buka suara soal gugatan cerai terhadap istrinya, Nurhayati Effendi. Suharso mengatakan masalah rumah tangganya sebenarnya merupakan urusan domestik.

Kabar gugatan cerai itu awalnya dibenarkan oleh Nurhayati. Meski membenarkan soal kabar gugatan cerai, anggota DPR dari Fraksi PPP itu berharap rumah tangganya bisa dipertahankan.

"Ya benar. Doakan saya dan Pak Harso bisa kembali dan baik-baik saja. Dan untuk berita lainnya saya yakin itu tidak benar," ujar Nurhayati saat dimintai konfirmasi, Kamis (24/3/2022).

Gugatan Didaftarkan ke Pengadilan Agama Jaksel
Humas Pengadilan Agama Jakarta Selatan (PA Jaksel) Taslimah mengatakan gugatan cerai itu didaftarkan sejak 31 Januari 2022. Gugatan itu teregister dengan nomor perkara 568/PDt G/PA.JS.

"Betul, nama tersebut memang telah terdaftar di kepaniteraan Pengadilan Agama Jakarta Selatan, tapi masih dalam proses," ujar Taslimah.

Taslimah enggan menjelaskan alasan Suharso menggugat cerai istrinya.

"Untuk alasan kami belum bisa sampaikan atau belum dapat kami infokan karena ini masih dalam proses," jelas Taslimah.

2 Kali Mediasi Gagal
Taslimah mengatakan PA Jaksel telah menggelar dua kali mediasi. Namun, kedua mediasi itu gagal.

"Untuk persidangan sudah dimulai sejak 9 Februari 2022 dan di bulan Februari tersebut sampai kemarin agendanya baru tahap mediasi," ujar Taslimah.

Dia mengatakan mediasi yang kedua sudah dilakukan pada Rabu (23/3) kemarin. Pihak Pengadilan Agama hendak mempertemukan kedua belah pihak lagi pada 30 Maret 2022.

"Kemarin telah mediasi dan agenda selanjutnya itu jawaban tanggal 30 Maret 2022 tersebut," jelas Taslimah.

"Mudah-mudahan nanti di kemudian waktu ada keberhasilan, ya," sambungnya.

Dalam dua kali upaya mediasi, kedua pihak datang secara langsung dan ditemani kuasa hukum masing-masing.

"Kedua-duanya datang langsung didampingi kuasa hukum masing-masing," ucapnya.

Suharso Buka Suara
Suharso Monoarfa buka suara soal kabar perceraiannya dengan Nurhayati. Dia mengaku ingin meluruskan disinformasi yang beredar di tengah masyarakat terkait masalah tersebut.

"Tetapi karena saya pejabat publik, maka publik perlu memperoleh informasi yang lurus, bukan yang dibengkokkan," kata Suharso dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/3/2022).

Menurutnya, perceraian dirinya dengan sang istri disebabkan masalah domestik. Untuk masalah detailnya, Suharso lebih memilih diam dan tidak menjelaskan apa pun.

"Sebagai muslim yang baik, tidak boleh kita membicarakan hal terkait dengan pasangan," kata Suharso.

Ketua Umum PPP ini kemudian mengutip salah satu ayat Al-Qur'an yang menyebutkan bahwa pasangan suami-istri berfungsi sama-sama sebagai pakaian satu dengan lainnya.

"Jadi, kita mesti saling merawat dengan baik. Bilamana pakaian itu tidak kita gunakan, bukan berarti kita mengoyak dan mencampakkannya begitu saja," katanya.

Suharso mengatakan langkah perceraian tersebut ditempuh untuk mengakhiri masalah secara baik dari sisi syariat maupun hukum formal.

"Jika ada yang bertanya mengapa menempuh jalan ini? Ini merupakan mekanisme untuk menyelesaikan masalah yang diatur baik oleh syariat maupun hukum formal," tutup Suharso.

s; detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy