Komisi III DPR Minta Densus 88 Antiteror Minta Maaf ke Keluarga Sunardi



IDEANEWSINDO.COM - Anggota Komisi III DPR RI Romo Muhammad Syafi’i meminta Densus 88 Antiteror meminta maaf kepada keluarga Sunardi, dokter yang tewas tertembak saat penangkapan di Sukoharjo beberapa waktu lalu.

Mendiang Sunardi yang berstatus sebagai tersangka terorisme diketahui tewas tertembak saat berusaha melarikan diri dari penangkapan Densus 88 Antiteror, Rabu (9/3) malam lalu.

Ditemui di sela-sela paparan Densus 88 di Mapolres Sukoharjo, Kamis (17/3), Syafi’i mengatakan, ada kesalahan prosedur dalam penangkapan yang berujung tewasnya Sunardi. Sebab dalam dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme diatur bahwa penangkapan terduga terorisme tetap menjunjung tinggi hak asasi manusia dan penuh kehati-hatian.

“Tidak boleh disiksa, tidak boleh dilakukan secara kejam, tidak boleh dijatuhkan harkat dan martabatnya sebagai manusia. Jadi menurut saya, ini ada kesalahan prosedur. Kalau dia (Sunardi) saat akan ditangkap dia mengemudikan mobilnya mengancam jiwa orang banyak dan petugas, ini kan harus dilihat motifnya, mungkin dia (Sunardi) sedang panik, kalap lalu mengemudikan mobil dengan cara berbahaya. Jadi menurut saya, ini ada kesalahan prosedur,” papar Syafi’i.

Menurut dia, Densus 88 seharusnya bisa dengan menembak ban mobil Sunardi. Bukan dengan cara pendekatan menghilangkan nyawa. Apalagi, kata dia, Sunardi dalam posisi tidak membawa senjata dan tidak membawa bahan peledak.

“Bahkan, dia juga bukan seorang yang siap berkelahi, jalan saja pakai tongkat. Kenapa dia tidak ditangkap saat membuka praktik? Atau ditangkap saat dia berkebun di belakang rumahnya? Saya kira itu lebih mungkin. Praktiknya kata tetangganya juga sepi, tinggal diambil saja,” ucap Syafi’i.

Densus 88 Antiteror, lanjut dia, harusnya bisa melakukan penangkapan yang lebih datar. Bukan pendekatan membunuh yang diutamakan. Atas hal itu, Syafi’i meminta Densus 88 harus meminta maaf terhadap keluarga korban.

s; jawapos.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy