Menunggak Bayar Uang Pengganti, Intip Kekayaan Angelina Sondakh yang Bebas dari Bui



IDEANEWSINDO.COM - Artis sekaligus politikus, Angelina Sondakh resmi bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Pondok Bambu pada Kamis, 3 Maret 2022.

Angelina Sondakh keluar dari penjara dengan status cuti menjelang bebas (CMB) selama tiga bulan kedepan.

Diketahui, Angelina Sondakh ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus maling uang rakyat (korupsi) pembangunan Wisma Atlet SEA Games 2011.

Pada saat itu, wanita yang akrab disapa Angie ini menjabat sebagai anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat sekaligus anggota Badan Anggaran DPR.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, dia menjalani hukuman penjara selama 10 tahun, terhitung sejak 27 April 2012.

Selain itu, Angie juga dijatuhi hukuman denda Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan, uang pengganti Rp2,5 miliar, dan 1,2 juta dolar AS subsider 1 tahun penjara.

Dari jumlah itu, dia sudah membayar Rp8,8 miliar namun menunggak Rp4,5 miliar.

Hukuman Angie pun mesti ditambah 4 bulan 5 hari. Kendati demikian, dia tetap bisa menjalani CMB pada Maret ini karena mendapatkan remisi dasawarsa sebanyak 3 bulan.

"Namun karena yang bersangkutan tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp.4.538.027.278,- Subs. 4 bulan 5 Hari Penjara, maka waktu CMB Sondakh jatuh pada bulan Maret 2022," kata Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS Rika Aprianti dalam keterangan tertulis.

Menurut laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) pada 2010, Angie memiliki total kekayaan hingga Rp6,1 miliar.

Padahal pada 2003, wanita bernama lengkap Angelina Patricia Pinkan Sondakh ini hanya mengantongi kekayaan sebesar Rp618 juta.

Adapun harta tidak bergerak yang dimiliki Angie mencapai Rp2,8 miliar.

Harta tersebut meliputi tanah 1000 meter persegi di Badung, tanah 144 meter persegi di Tangerang, dan tanah warisan di Jakarta Timur.

Sedangkan untuk harta bergerak, Angie memiliki sejumlah mobil mewah yang ditaksir mencapai Rp1,1 miliar.

s; pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy