Wasiat Sultan Andara Asli Bangun 1000 Masjid: Hidup Ditolong Orang, Raffi Ahmad Sungkem saat Bertemu



IDEANEWSINDO.COM - Raffi Ahmad baru-baru ini bertemu sosok Sultan Andara yang sebenarnya.

Sosok itu adalah Jusuf Hamka.

Raffi Ahmad rela sungkem saat bertemu Jusuf Hamka. 

 Jusuf Hamka adalah bos dari perusahaan jalan Tol Citra Marga Nusaphala Persada.

"Jadi guys ini Sultan Andara bohongan, ini Sultan Andara beneran," kata Raffi Ahmad sambil memperkenalkan Jusuf Hamka dalam tayangan YouTube Rans Entertainment pada 2021 lalu.

Jusuf Hamka akan bangun jalan tol Andara untuk Raffi Ahmad.

Ia juga menyeletuk akan membangun jembatan layang.

"Kalau perlu kita bikinin flyover, masuk," kata Jusuf Hamka membuat Raffi Ahmad terkesima.

"Waduh," seru Raffi Ahmad bak tak sanggup berkata-kata.

Lantas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengucapkan rasa syukurnya dan berterima kasih.

Pasalnya Jusuf Hamka telah memudahkan akses menuju rumahnya.

Jusuf Hamka lebih lanjut menyampaikan proyek pembangunan tol baru dari Andara ke Bogor yang direncanakannya.

"Kita abis ini lanjut lagi Tol Jagorawi dua jadi lewat Sawangan, Bojonggede terus nembus Bogor," beber Jusuf Hamka.

Raffi Ahmad sekali lagi bak habis kata, Raffi tak berhenti kagumi sosok Jusuf Hamka.

"Wah mantap pak," seru Raffi Ahmad.

Jusuf Hamka sendiri dikenal sebagai sosok pengusaha yang dermawan dan kerap membantu masyarakat yang kesusahan.

Di balik rasa dermawannya tersebut, Jusuf Hamka menyimpan kisah masa lalu yang tidak biasa.

Tak disangka Jusuf dulu hanya pedagang es mambo di depan Masjid Istiqlal.

Bahkan, dalam tayangan YouTube Denny Sumargo, dirinya mengaku dulu hanya bercita-cita jadi tukang parkir.

Nasib baik membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia hingga kini bisa bangun 10 masjid.

Pria berdarah Tionghoa ini memang seorang mualaf.

"Dulu saya hidup karena ditolongin orang. Dari hasil sedekah orang. Saya jual es mambo, temen saya dulu omsetnya misalnya Rp 100 ribu, saya pulang bisa bawa Rp 130 ribu," kisahnya dikutip TribunJatim.com dari Grid Star.

"Karena apa? Orang tuh, kalau beli duit lebihannya 'udah ambil deh', mereka sedekah, kasih infaq ke saya. Pembeli saya, dulu kebanyakan jamaah Masjid Istiqlal. Saya bilang kok orang islam baik-baik ya," ujarnya.

Tak mendapat kekayaan instan, selagi berjualan, dirinya juga bersedekah dari hasil jualan es mambonya ke masjid.

Semenjak berjualan, dirinya sering melihat temannya melakukan salat.

"Dari rasa penasaran, menjadi kecanduan," ujar Jusuf Hamka.

"Jadi disuruh baca dua kalimat syahadat, yaudah saya jadi muslim. Pelan tapi pasti. Sekarang akhirnya saya punya beban, beban yang nikmat menurut saya, yaitu diminta sama Allah mengharumkan nama Islam dengan cara saya sendiri," sambungnya.

Kini, Jusuf bercita-cita bangun 1000 masjid dari kekayaan yang didapatkannya.

Bahkan ia akan mem-wasiatkan hal itu kepada anak-anaknya.

"Jadi waku itu awalnya bikin 1 (masjid). Ada temen nanya emang satu doang gak mau lebih? Mau sih lebih, ya bikin 1000 lah. Disentil mulutnya sama Allah. Ya Insha Allah 1000 masjid. Ya gapapa, kasih wasiat buat anak-anak bikin masjid aja deh," sambungnya.

"Dulu saya dagang di Istiqlal, ditolong orang. Makanya sekarang saya kembalikan lagi (kebaikan)," pungkasnya.

s; tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy