Sosok Annas Maamun, Tersangka Korupsi Tertua Sepanjang Sejarah Komisi Antirasuah



IDEANEWSINDO.COM - TATAPANNYA terlihat kosong saat sejumlah penyidik antirasuah membawa mantan Gubernur Riau Annas Maamun dihadirkan dalam jumpa pers, perkara dugaan suap terkait pengesahan RAPBD tahun 2014 dan 2015 untuk Provinsi Riau.

Memakai kemeja putih panjang dan rompi oranye, Annas Maamun tertunduk lesu dengan tangan diborgol.

Annas Maamun nampaknya akan merayakan ulang tahun yang ke-82 pada 17 April mendatang di Rumah Tahanan (Rutan) Gedung Lama KPK.

“Untuk kebutuhan proses penyidikan, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan untuk 20 hari ke depan terhitung mulai tanggal 30 Maret 2022 sampai 18 April 2022 di Rutan KPK pada Kavling C1," ujar Deputi Penindakan KPK, Karyoto saat menggelar konpers.

Dijelaskannya, Annas Maamun kembali ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Kali ini, dia ditetapkan sebagai tersangka suap terkait pengesahan RAPBDP tahun 2015 untuk Provinsi Riau.

Sebelumnya, penyidik KPK Annas Maamun dijemput paksa di kediamannya daerah Pekanbaru, Riau. Dia dinilai tidak kooperatif dan tercatat beberapa kali tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

Untuk diketahui, Annas Maamun pernah terjerat kasus korupsi sebelumnya. Dia merupakan mantan narapidana kasus suap alih fungsi kawasan kebun kelapa sawit di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Annas bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung pada 21 September 2020.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah memberikan grasi untuk Annas Maamun. Salah satu alasan pemotongan masa hukuman ini ialah penyakit komplikasi yang diderita Annas.

Dalam catatan Okezone, Annas Maamun merupakan tersangka korupsi tertua. Sebelumnya, ada pengacara, OC Kaligis (79 tahun) yang divonis 7 tahun penjara sejak 2015 dalam kasus suap Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara. OC Kaligis saat ini telah menghirup udara bebas usai menjalani masa tahanannya di Lapas Sukamiskin.

Selain itu, ada nama mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu (75 tahun) yang divonis 8 tahun penjara sejak 2015 dalam kasus korupsi proyek perencanaan fisik untuk PLTA.

Nama mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada juga salah satu terpidana korupsi yang juga sudah berumur. Saat ini dia berusia 74 tahun, dia divonis 10 tahun penjara sejak 2014 dalam kasus korupsi dana bansos.

Mantan Menteri ESDM, Jero Wacik saat ini diketahui berusia 72 tahun. Dia divonis 8 tahun penjara sejak 2016 dalam kasus suap Dana Operasional Menteri (DOM).

s; okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy