Kala Jokowi Akui Tak Ikuti Kinerja Gibran Jadi Wali Kota di Solo



IDEANEWSINDO.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak mengikuti kepemimpinan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Jokowi mengaku sudah terlalu sibuk dengan pekerjaannya sendiri.

Ia mengakui hal itu ketika ditanya soal kinerja anaknya sebagai Wali Kota Solo.

"Waduh, saya enggak ngikuti [kinerja Gibran]. Tugas dan pekerjaan saya sendiri banyak sekali," kata Jokowi di sela kunjungannya ke Taman Kota Balekambang, Solo, Kamis (26/5).

Termasuk soal pengembangan Taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan di Solo, Jokowi menyebut dirinya tak tahu-menahu.

"Tanya ke Pak Wali. Saya enggak mengikuti karena yang saya ikut itu 514 kabupatèn kota, 34 provinsi," ucapnya.

Meski tak mengikuti perkembangan kinerja Gibran, Jokowi menyebut pemerintah pusat akan terus mendukung segala bentuk pelestarian seni budaya di daerah.

"Semua yang berkaitan dengan seni budaya, pemerintah akan terus dorong. Di manapun," cetusnya.

Bersama Gibran, Jokowi mengunjungi taman peninggalan Mangkunagara VII itu. Mereka juga menyapa pegiat seni budaya dan pengunjung taman.

Lebih jauh, Jokowi meminta nantinya Taman Balekambang harus bisa menjadi pusat kegiatan bagi seniman rakyat. Ia juga menegaskan dikungan terhadap Gibran dan Pemerintah Kota Solo untuk melakukan revitalisasi tahun ini.

"Yang paling penting didudukkan kembali sebagai sebuah pusat kebudayaan, ini akan memberikan dampak yang baik terhadap seni budaya kita dan utamanya juga bisa menunjukkan bahwa seni budaya itu tetap hidup," papar Jokowi.

Secara terpisah, Gibran memastikan revitalisasi Balekambang akan dilakukan tahun ini. Revitalisasi itu sudah masuk program prioritas Pemkot Solo untuk percepatan pemulihan ekonomi pasca-pandemi.

"Udah fix semua. Tinggal eksekusi tahun ini," ungkap Gibran.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke sejumlah titik di Kota Solo setelah menikahkan adiknya, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman. Selain Balekambang, Jokowi juga menyapa warga di Pasar Mojosongo, Pasar Gede, Pasar Gading, dan Pasar Harjodaksino.

s; cnnindonesia.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy