Pastor di Pulau Flores Jaga Umat Muslim saat Sholat Ied



IDEANEWSINDO.COM - Rohaniwan Katolik, Pater Jhon Mai SVD, yang saat ini bertugas sebagai pastor rekan di Paroki Reinha Rosario Kewapante, di Kabupaten Sikka, bertindak sebagai penjaga keamanan saat umat muslim menunaikan sholat ied.

Ia juga bersama dengan para orang muda katolik (OMK) dari Paroki Reinha Rosario Kewapante yang berjumlah sekitar puluhan orang.

Kegiatan sholat ied yang digelar di Lapangan umum Brimob Maumere, Desa Kewapante, Kecamatan Kewapante Kabupaten Sikka, Senin  2 Mei 2022, diikuti oleh umat muslim yang bermukim di wilayah administrasi Kecamatan Kewapante, serta warga lainnya yang datang berlibur ke rumah keluarga di Kewapante.

Pantauan TribunFlores.com yang diabadikan lewat video live di facebook TribunFlores.com, seorang P. John Mai, SVD, beserta beberapa orang muda katolik dari Paroki Reinha Rosario Kewapante nampak terlibat aktif menjadi petugas keamanan saat sholat ied dilaksanakan.

Dengan namtag bertuliskan Panitia pembina  orang muda katolik (OMK) yang dikalungkan di dada, mereka terlihat sibuk mengatur tempat duduk peserta, juga mengarahkan para jemaah yang datang ke tempat itu untuk melakukan sholat ied.

P. John Mai, saat diwawancarai awak media mengungkapkan, sholat ied di Kecamatan Kewapante dilaksanakan di 3 tempat.

"Ada 3 tempat yaitu di Lapangan Brimob, Waipare dan Geliting kami dan teman-teman orang muda katolik dibagi dalam 3 kelompok untuk bertugas menjaga keamanan," tuturnya.

Menurut P. John tindakan ini merupakan bentuk toleransi.

"Ini adalah bentuk toleransi menanamkan nilai toleransi untuk adik-adik, ini sebuah pewartaan, kita pewarta Kristus itu, intinya mewartakan kepada siapa saja, tanpa harus membaptis mereka tapi ini adalah pewartaan yang nyata, dalam masyarakat multi kultur," ungkapnya.

Lanjutnya, ini juga bentuk penanaman nilai, terkhusus kepada orang muda Katolik di Paroki Reinha Rosario Kewapante.

"Saya mau menanamkan nilai kepada adik-adik, untuk saling menghargai, saling mencintai yang lain," kata P. John.

Ia menegaskan ini bukan hanya OMK yang berpartisipasi dalam hari rayanya umat Islam namun para kaum muda muslimin juga berpartisipasi saat perayaan natal dan paskah sebagai petugas keamanan.

"Ini bukan hanya kami saja, tapi saat natal paskah juga mereka dari muslim ikut ambil bagian menjaga keamanan saat misa," jelasnya.

Kegiatan sholat ied yang dikawal oleh P. John Mai SVD, dan OMK di Paroki Reinha Rosario berjalan dengan lancar.

Mereka menjaga keamanan dan ketertiban sebelum sholat ied dan sesudah sholat ied dilaksanakan.

s; tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy