Sudah Mengudara 40 Menit, Pesawat Putar Balik Karena Pilot Tak Penuhi Syarat



IDEANEWSINDO.COM - MOMEN mendebarkan terjadi ketika pesawat yang sudah mengudara 40 menit harus putar balik ke bandara asal. Bukan karena ada mesin yang rusak, tetapi lantaran pilot tak memenuhi syarat.

Melansir laman resmi Today, pesawat itu bahkan telah mencapai langit Irlandia dari Bandara Heathrow ke Bandara Internasional John F. Kennedy.

Hal ini berawal ketika pilot tidak memenuhi peraturan maskapai hingga kemudian pesawat harus putar balik pada Senin, 2 Mei 2022 lalu.

Juru bicara Virgin Atlantic menjelaskan, kesalahan daftar menyebabkan masalah ini. Kedua pilot memiliki lisensi untuk menerbangkan pesawat, tetapi sang kapten tidak memiliki status pelatih.

"Perwira pertama yang memenuhi syarat, yang terbang bersama kapten berpengalaman, diganti dengan pilot baru," terangnya.

"Itu untuk memastikan kepatuhan penuh terhadap protokol pelatihan Virgin Atlantic, yang melebihi standar industri," sambungnya.

Imbas ketidakcermatan pihak maskapai menugaskan pilot, Virgin Atlantic lantas memberikan permohonan maaf.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada penumpang kami yang datang terlambat 2 jam 40 menit dari jadwal akibat pergantian kru," demikian keterangan resmi Virgin Atlantic.

Adapun, juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil memaparkan, Virgin Atlantic yang memberi tahu pihaknya tentang masalah pilotnya.

"Kedua pilot memiliki lisensi yang sesuai dan memenuhi syarat untuk melakukan penerbangan," terangnya.

Berdasarkan laporan BBC menyebut perwira pertama yang dipermasalahkan ternyata belum menyelesaikan tes terbang terakhirnya. Maskapai bersikeras keselamatan tidak terganggu dan menjelaskan pilot yang disuruh putar balik sudah bergabung dengan Virgin Atlantic sejak tahun 2017.

Ia sepenuhnya memenuhi syarat di bawah peraturan penerbangan Inggris, tetapi belum menyelesaikan tes terbang terakhir.

Padahal, tes tersebut merupakan bagian dari persyaratan internal maskapai. Beruntung, pilot yang tidak memenuhi syarat ketahuan.

s; okezone.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy