Terjawab Sudah Siapa Penjabat Gubernur DKI Pengganti Anies? Satu Nama Walikota Wanita Mengemuka



IDEANEWSINDO.COM - Terjawab sudah siapa penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan? satu nama Walikota wanita mengemuka

Sosok penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan kriteria penjabat (pj) gubernur yang nantinya akan ditempatkan di DKI Jakarta untuk menggantikan tugas Gubernur Anies Baswedan.

Masa jabatan Gubernur Anies akan berakhir pada Oktober 2022.

"Dia harus seorang pejabat pimpinan tinggi madya, jadi dia eselon satu," ujar Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022) seperti dilansir Kompas.com.

Tito mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang dalam tahap menerima masukan untuk kandidat calon penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Dalam proses ini, Kemendagri juga melakukan profiling apakah kandidat penjabat Gubernur DKI Jakarta yang ada memiliki potensi kasus atau masalah tertentu.

"Kita masih dalam tahap menerima masukan. Apakah yang bersangkutan ada masalah atau tidak, kita profiling, apakah potensi ada kasus atau tidak," jelas Tito.

Sebagaimana diketahui, ada tujuh orang gubernur yang habis masa jabatannya pada tahun ini.

Mereka terdiri dari Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Gubernur Sulawesi Barat Muhammad Ali Baal Masdar dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan berakhir masa jabatannya pada pertengahan Mei.

Untuk menggantikan posisi mereka Mendagri telah melantik lima orang pj gubernur pada Kamis.

Selain lima gubernur itu, ada dua gubernur lain yang juga akan menyelesaikan masa jabatannya pada tahun ini.

Keduanya adalah Gubernur Aceh Nova Iriansyah (5 Juli 2022) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (16 Oktober 2022).

September, Tito Ajukan 3 Nama Calon Penjabat Gubernur DKI Pengganti Anies ke Jokowi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengungkapkan saat ini tengah dilakukan proses penjaringan nama yang akan menempati sebagai penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Menurut penjelasannya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyodorkan tiga nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) satu bulan sebelum masa jabatan Anies Baswedan berakhir.

Untuk diketahui, masa jabatan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

"Tiga nama diajukan ke Pak Presiden, sebulan sebelum lah, September kita nanti akan sudah dapat nama kita ajukan ke Bapak Presiden," kata Tito di Kantor Kemendagri, Kamis (12/5/2022).

Nantinya, kata Tito, Pj gubernur DKI Jakarta ini akan dilantik pada Oktober 2022 mendatang.

"Pelantikan Oktober DKI Jakarta," ujar Mendagri.

Selain Jakarta, Kemendagri juga akan mencari kandidat Pj gubernur untuk Provinsi Aceh. Seperti diketahui masa jabatan Gubernur Aceh Nova Iriansyah akan berakhir pada 5 Juli 2022.

"Aceh sekarang kita lagi penjaringan yang mungkin pada Juni kita sudah mendapatkan nama-nama diajukan kepada pak presiden," ujarnya.

Nama-nama Kandidat penjabat Gubernur DKI Jakarta

Gubernur Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria akan menyelesaikan masa jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 10 bulan lagi atau di Oktober 2022.

Selanjutnya, jabatan gubernur DKI untuk sementara akan diisi oleh birokrat eselon I-A yang ditunjuk Pemerintah Pusat dari lembaga vertikal.

Menurut Ketua Dewan Pembina DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohammad Taufik, pihaknya belum menentukan sosok bakal calon Gubernur untuk periode 2024.

Taufik menyebut, ada beberapa tokoh yang potensial menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Beberapa nama itu, antara lain mantan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Anies Baswedan, Ahmad Riza Patria, Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia dan mantan Wakil Ketua BPK RI Prof Baharullah Akbar.

Selain nama-nama itu, masih ada beberapa nama yang disodorkan Partai Nasdem.

Partai Nasdem memiliki tiga bakal calon Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan yang berpotensi diusung dalam Pemilihan Gubernur 2024.

Ketiga nama tersebut adalah Ketua Bidang Kesehatan DPP Nasdem Okky Asokawati, Bendahara Umum DPP Nasdem Ahmad Sahroni, dan Sekretaris Wilayah DPW Nasdem DKI Wibi Andrino.

Politisi Partai Nasdem yang juga mantan Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Bestari Barus di Jakarta, Kamis (6/1/2022) mengatakan, Nasdem memiliki Okky Asokawati, kader perempuan.

Kemudian juga ada Wibi Andrino anak muda ketua fraksi. Selain itu, kata Bestari Barus, Ahmad Sahroni.

Bestari Barus mengatakan, jika partai lain baru sekedar berwacana, Nasdem tidak akan demikian.

Dia sangat yakin partainya akan lebih cepat dari partai politik lainnya dalam memutuskan dan mengumumkan calon pemimpin Ibu Kota ke depan.

"Biasanya Nasdem akan paling cepat. Kalau yang (lain) baru berwacana, Nasdem nantinya saya meyakini akan lebih cepat daripada yang lainnya mendorong nama bakal calon gubernur," ujar Bestari.

Bestari menegaskan, Nasdem akan mencalonkan gubernur DKI Jakarta. Karena itu partai akan melakukan seleksi terhadap calon yang memenuhi kriteria-kriteria untuk menjadi seorang calon gubernur.

Hal itu dimaksudkan agar calon yang diusung dapat bekerja lebih baik dalam menjalani tugasnya serta meneruskan pembangunan di DKI Jakarta, baik yang sudah dilakukan oleh Anies Baswedan dan gubernur-gubernur sebelumnya.

Soal pengisi jabatan sementara Gubernur DKI Jakarta, nama Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sempat disebut-sebut layak naik oleh Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta.

Namun Heru mengatakan, masih banyak sosok yang lebih pantas menempati posisi tersebut.

"Masa jabatan Gubernur DKI masih akhir tahun 2022 , dan masih lama tentunya. Banyak calon-calon yang mungkin lebih pantas," kata Heru Budi kepada wartawan, Jumat (7/1/2022).

Heru mengatakan, posisi Gubernur DKI Jakarta mungkin bisa diisi dari para pejabatan di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Biasanya dari pejabat Kementerian Dalam Negeri," katanya seperti dilansir WartaKotalive.com di artikel berjudul Anies Selesai Oktober 2022, Nasdem Sodorkan Tiga Nama Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta.

s; tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy