Dicecar Anggota DPR Soal Tiket Candi Borobudur, Luhut: Kalau Ragu Telepon Kitalah!



IDEANEWSINDO.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi kritikan dari anggota DPR mengenai kenaikan tarif harga naik ke Candi Borobudur, pada rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI pada Kamis (9/6/2022).

Ia mengatakan bagi anggota dewan yang tidak mengetahui masalahnya lebih baik datang terlebih dahulu secara langsung dengan dirinya untuk melihat Candi Borobudur.

“ Saya mohon kita kerja sama ibu bapak sekalian kalau ada ragu mengenai apa yang kita lakukan telepon kita lah,” ucap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam rapat Banggar, Kamis (9/6/2022).

Menurutnya kenaikan harga tersebut sudah dilakukan dengan kajian yang berbasis studi dan data dengan pengambilan keputusan yang proper dan komperhensif.

“ Tidak ada keputusan yang kami ambil tanpa melalui proses pengambilan keputusan yang prproper tadi studi dan data,” jelasnya.

Dirinya pun menegaskan bahwa tidak ada kenaikan untuk jumlah orang yang naik ke candi lebih dari 1.200 orang. Karena pihak dari UNESCO telah memberikan peringatan untuk Candi Borobudur.

“Kalau mau dibuka lagi lebih dari 1.200 orang per hari, kami sangat tidak setuju dan kita juga ndak bisa lari dari UNESCO. Jadi jangan terus ada teman-teman DPR juga memilih mengkritik kita nih salah urus,” tegasnya.

Sekadar informasi, sebelumnya Pegiat Media Sosial Denny Siregar mengatakan kesetujuannya terhadap rencana pemerintah yang ingin menaikkan harga untuk naik ke atas Candi Borobudur sebesar Rp750.000. Ia menegaskan bahwa kenaikan harga tersebut hanya untuk ‘naik’ ke atas candi bukan masuk ke dalam pelataran candinya.

“ Saya sih enggak kaget waktu pak Luhut bilang kalau tiket naik ke Candi Borobudur itu ditetapkan sebesar Rp750 ribu. Mahal? Pastilah. Saya aja milih kalau harus bayar segitu untuk naik ke Candi. Sayang duitnya, lagian saya juga sudah pernah kesana. Tapi catat ya tiket  semahal itu untuk naik ke Candi Borobudurnya bukan masuk ke pelataran candinya, naiknya yang sengaja dimahalkan,” ucap Pegiat Media Sosial Denny Siregar, pada akun Youtube Cokrto TV, Selasa (7/6/2022).

Dirinya menjelaskan, kenapa harga tiket naik ke candi sengaja dimahalkan dan yang naik juga dibatasi? Mengingat Candi Borobudur adalah warisan sejarah yang dibanggakan Indonesia dan sempat menjadi bagian 7 keajaiban dunia. Ajaibnya candi tersebut dibangun tanpa menggunakan teknologi yang canggih seperti saat ini.

s; akurat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy