Roy Suryo berkicau lagi soal Candi Borobudur, tapi kali ini tidak ada meme stupa



IDEANEWSINDO.COM - Pakar telematika Roy Suryo kembali berkicau mengenai Candi Borobudur di akun Twitternya @KRMTRoySuryo2. Namun kali ini tidak ada meme stupa dalam kicauannya tersebut.

Dalam postigannya kali ini, Roy Suryo menyatakan, untuk mencegah kerusakan pada Candi Borobudur, sebaiknya pengunjung membungkus kakinya dengan plastik.

Menurut Roy Suryo, cara tersebut telah diberlakukan di situs bersejarah di India yakni Taj Mahal. Di mana pengelolanya menyediakan sebuah mesin otomatis yang bisa melapisi alas kaki pengunjung.

Ia menyatakan, cara tersebut seharusnya juga bisa diberlakukan oleh pemerintah untuk mencegah batu-batu di Candi Borobudur menjadi aus.

“Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Upaya menjaga agar Batu2 Candi Borobudur tdk cepat Aus / Terkikis Alas kaki Pengunjung yg naik, Metode "Plastikisasi" / Pelapisan ini bisa diterapkan (Spt di Taj Mahal),” cuit Roy Suryo, seperti dikutip Hops.ID pada Sabtu, 18 Juni 2022.

Bersama cuitan itu ia turut mengunggah sebuah video yang menunjukkan cara kerja mesin pembungkus kaki otomatis tersebut.

Di mana dalam video itu terlihat pengunjung yang ingin memasuki Taj Mahal harus meletakkan kakinya di mesin tersebut, lengkap dengan alas kaki yang dikenakan.

Lalu mesin tersebut mengeluarkan selembar plastik bening, dan secara otomatis membungkus kaki pengunjung.

Melihat banyaknya plastik yang harus disediakan untuk pengunjung, Roy Suryo berkelakar jika hal tersebut bisa menjadi peluang usaha baru.

“Bisa juga UMKM Jualan Kresek, LUCU ... He-3x AMBYAR,” tulis mantan Menteri Pemuda dan Olah Raga tersebut.

Pstingan Roy Suryo mengenai plastik pembungkus alas kaki untuk pengunjung Candi Borobudur (Twitter @KRMTRoySuryo2)

Meski sudah berkicau mengenai sesuatu yang positif mengenai Candi Borobudur, di kolom komentar masih ada saja netizen yang menyinggung postingan Roy Suryo sebelumnya, yakni meme stupa mirip Jokowi.

“Udah puasin aja main twitter'y besok" juga jadi bahan BB di kantor polisi..,” cuit salah satu netizen.

“Anda tokoh di medsos. Tak pantas melecehkan agama org lain. Tapi kalok yg nganu ya nganu bolehlah. Karena sejalan dgn semangat ingkarRI dan teloransi. Ambyar,” sahut netizen lainnya.

“Alibi apalagi yg akan anda mainkan, otak kalau udah terkontaminasi kebencian akut ya kaya gini,” tambah netizen lainnya.

Namun ada juga netizen yang setuju dengan ide Roy Suryo mengenai plastik pelapis alas kaki untuk pengunjung Candi Borobudur.

“Usul kalau bekas dipakai plastiknya didaur ulang,” tulis salah satu netizen.

Sebelumnya, Pakar Telematika Roy Suryo digeruduk netizen karena mengunggah meme stupa mirip Jokowi di akun Twitternya pekan lalu.

Netizen mengaku geram dengan postingan Roy Suryo tersebut dan menilai mantan politisi Partai Demokrat itu telah menghina Presiden Joko Widodo dan symbol agama Budha.

Setelah panen hujatan, Roy Suryo menghapus postingan tersebut. Ia memberi klarifikasi hingga akhirnya ia meminta maaf.

s; hops.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy