Usai Gelar Tahlil, Eril Anak Ridwan Kamil Ditemukan Dengan Kondisi Hidup? Simak Faktanya



IDEANEWSINDO.COM - Beredar informasi yang mengatakan Emmeril Kahn Mumtadz, Eril sapaan anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dikabarkan ditemukan dalam kondisi hidup, usai gelar tahlil atau doa bersama.

Anak sulung dari Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang dinyatakan hilang terseret arus sungai Aare, Swiss, sejak kamis, 26 Mei 2022.

Hingga hari ketujuh pada Kamis, 2 Juni 2022 pencarian Eril belum juga ditemukan, akhirnya kang Emil sapaan Ridwan Kamil dan keluarga menyatakan Emmeril Kahn Mumtadz meninggal dunia juga sudah mengikhlaskan kepergian Eril.

Pada Informasi yang didapat mengenai Eril anak dari pasangan Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, usai gelar tahlil, Eril anak Ridwan Kamil ditemukan dengan kondisi hidup ini beredar di kanal YouTube INDO TV, pada Minggu, 5 Juni 2022.

Berikut isi judul dari postingan kanal YouTube INDO TV :

“Eril Kamil “Diketemukan” Dengan Kondisi Hidup” Judul unggahan YouTube INDO TV
Sampai artikel ini ditayangkan, unggahan video tersebut sudah ditonton sebanyak 186.208 kali dan disukai 1,1 Ribu kali.

Adapun narasi pada Thumbnail video tersebut mengatakan bahwa usai diadakannya tahlil Eril ditemukan dalam kondisi hidup.

“Malam Diadakan Tahlil Siangnya Malah Ketemu
ERIL HIDUP KEMBALI
SETELAH DILAKSANAKAN TAHLIL
ERIL DITEMUKAN DENGAN KONDISI HIDUP” tulis narasi thumbnail dikutip SeputarTangsel.Com dari channel YouTube INDO TV pada Sabtu, 5 Juni 2022.

Akan tetapi, setelah ditelusuri SeputarTangsel.Com kabar mengenai Eril anak Ridwan Kamil ditemukan dengan kondisi hidup usai digelarnya tahlil atau do’a bersama merupakan berita bohong atau hoax.

Pasalnya, kabar terbaru dari KBRI Bern yang diunggah pada Sabtu, 4 Juni 2022 terhadap perkembangan proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz, tim SAR Swiss masih terus mencari keberadaan kakak kandung Zara, Eril.

Pencarian pun memang masih berlanjut dan sudah mencakup 29 KM wilayah sungai Aare, Bern, Swiss, Namun pencarian yang belum membuahkan hasil.

“Pencarian Sdr. Emmeril Kahn Mumtadz, atau Eril, di sungai Aare, terus dilanjutkan dalam koordinasi Polisi Maritim Bern. Dari keterangan polisi, pencarian telah mencakup 29 KM wilayah sungai Aare. Hingga Sabtu, 4 Juni 2022 sore, pencarian belum membuahkan hasil yang diharapkan,” tulis KBRI Bern melalui situs resminya.

Pihak kepolisian Swiss dalam keterangannya juga mengatakan sejak menerima laporan adanya orang hilang di sungai Aare, kepolisian sudah berkomitmen akan terus berupaya untuk menemukan Eril.

“Menurut penjelasan Kepolisian, Sdr. Eril mengalami situasi darurat pada saat berenang. Sejak menerima laporan orang hilang, Kepolisian Swiss berkomitmen akan terus berupaya keras untuk menemukan Sdr. Eril dengan mengerahkan berbagai metode pencarian,” tulis KBRI Bern.

Selain itu juga tampak pada thumbnail video merupakan sebuah gambar yang telah diedit, dan isi videonya pun merupakan sebuah cuplikan yang disatukan.

Sebagai informasi tambahan, akun yang mengunggah tersebut bukanlah akun resmi milik pemerintah maupun publik figur tertentu yang belum bisa dipastikan kebenarannya.

Maka dapat disimpulkan kabar tersebut masuk kedalam golongan Fabricated Content atau berita Hoax. 

s; pikiran-rakyat.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Copy